7 hal sederhana agar jantung tetap sehat

26 September 2017

7 hal sederhana yang bisa kita lakukan membuat dan menjaga jantung tetap sehat :

  • Jangan merokok, jika terlanjur berhentilah

Jika anda merupakan seorang perokok aktif maka berhentilah. Ini merupakan hal paling pokok yang dapat anda mulai untuk mendapat jantung sehat.

Merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner. Dalam jangka waktu setahun setelah anda berhenti merokok, resiko serangan jantung menurun hingga setengahnya dibandingkan dengan perokok.

  • Tetap aktif

Usahakan untuk tetap aktif dalam hal yang berhubungan aktifitas fisik seperti olah raga. Ini dapat mengurangi resiko berkembangnya penyakit jantung dan juga bisa menjadi sarana penghilang stress.

Lakukan 150 menit aktifitas fisik atau olahraga setiap minggunya. Salah satu cara mencapai target ini dengan melakukan aktifitas ini selama 30 menit dalam 5 hari seminggu. Sesuaikan dengan aktifitas yang memungkinkan dapat dilakukan, seperti bersepeda untuk pergi ke kantor atau tempat kerja.

  • Atur berat badan

Menjadi terlalu gemuk dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Pilihlah diet atau pola makan yang sehat, seimbang , rendah lemak dan kadar gula. Salah satunya dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur mayur yanp dikombinasikan dengan aktifitas fisik atau olahraga.

  • Makan lebih banyak serat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung, usahakan setidaknya 30g dalam sehari. Konsumsilah serat dari berbagai jenis sumber yang ada, seperti gandum, kentang dengan kulitnya dan berbagai jenis sayur serta buah-buahan.

  • Kurangi konsumsi lemak jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Yang secara otomatis akan meningkatkan resiko jerkena penyakit jantung. Pilihlah produk daging dan peternakan yang rendah lemak dan susu rendah lemak.

  • Kurangi konsumsi garam

Untuk menjaga tekanan darah agar tetap sehat, hindari pemakaian garam di meja makan atau gunakan sedikit garam pada masakan. Sekali terbiasa dengan rasa masakan yang tidak menggunakan garam maka hal ini bukanlah masalah yang besar.

Perhatikan juga kadar garam pada makanan siap santap. Hampir semua garam yang dikonsumsi berasal dari makanan yang dibeli. Periksa label pada makanan; makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi jika memiliki lebih dari 1.5g garam (0.6g sodium) per 100g-nya. Pada orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi kurang dari 6g garam per hari atau sekitar satu sendok teh.

  • Konsumsi ikan

Konsumsilah ikan paling tidak dua kali dalam seminggu, usahakan satu porsi tadi ikan yang mengandung minyak ikan. Ikan-ikan seperti makarel, sarden, tuna dan salmon merupakan sumber lemak omega-3 yang dapat membantu tubuh melawan penyakit jantung. (sumber: www.inaheart.or.id)

Follow & Share :

INFO LAINNYA