Tips Hidup Sehat: Semua Berawal dari Keluarga

10 May 2016

  • Olahraga secara teratur

Gerakan yang dilakukan saat berolah raga akan memaksimalkan kinerja tubuh sehingga kondisi tubuh terasa bugar. Ada berbagai macam olahraga yang dapat dilakukan secara teratur, seperti lari, joging, senam ringan, dan lain sebagainya. Olah raga ini termasuk jenis olah raga yang murah dan mudah dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Dengan berolahraga secara rutin akan dapat membuat seluruh tubuh bergerak, dan memaksa tubuh untuk dapat bekerja secara maksimal.

  • Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Anggota keluarga dapat mengkonsumsi makanan kaya zat gizi seperti daging berlemak rendah, ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Contoh-contoh makanan ini tentunya mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik untuk proses metabolisme tubuh maupun untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.  

  • Menghindari hal yang dapat merusak tubuh

Setiap anggota keluarga dapat menghindari berbagai macam hal yang dapat merusak tubuh. Misalnya, mengkonsumsi terlalu bayak minuman bersoda, karena itu dapat merusak kepadatan tulang. Terlalu banyak mengkonsumsi gula karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Begitu pula menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang berdampak terhadap kebugaran tubuh.

  • Istirahat secara teratur

Istirahat secara teratur tentunya dapat mengistirahatkan berbagai macam organ tubuh. Istirahat yang baik adalah tidur. Dengan tidur atau istirahat yang cukup akan membuat tubuh dapat bekerja kembali secara maksimal. 

  • Menghindari stres

Hindari stres karena hal tersebut dapat merusak metabolisme tubuh. Ketika seseorang mengalami stres maka otak tidak akan bekerja dengan baik, dan hal itu yang akan membuat kinerja tubuh juga menjadi terganggu. 

Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam lingkungan keluarga, aktivitas anggota keluarga menjadi lancar. Bagi anggota keluarga yang masih dalam proses pendidikan akan dapat meraih prestasi pendidikan secara optimal.  

Begitu pula bagi anggota keluarga yang sudah bekerja, akan dapat meningkatkan produktivitas kerja yang menggembirakan. Selain itu, pola hidup sehat akan menjauhkan semua anggota keluarga dari berbagai penyakit yang penyembuhannya membutuhkan biaya mahal. (sumber: www.matrapendidikan.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA