Tips Membuat Rumah Lebih Hijau Dan Sehat

Tips Membuat Rumah Lebih Hijau Dan Sehat

12 January 2016

Berikut ini beberapa tips & trik untuk membuat rumah Anda menjadi lebih hijau , sehat  dan ramah lingkungan.

  • Air

Anda dapat membatasi penggunaan air mulai pukul 9 malam sampai 6 pagi, atau sesuai kebutuhan Anda. Matikan air saat Anda menggosok gigi. Hal sederhana ini dapat menghemat air sekitar 18 liter dalam sehari.

  • Energi

Gantilah lampu rumah Anda dengan lampu fluorescent yang menggunakan energi sekitar 75% lebih sedikit dan dapat bertahan 10 kali lebih lama daripada lampu biasa. Selain itu jika memungkinkan Anda dapat memasang panel surya di rumah Anda untuk menghemat energi listrik yang Anda gunakan setiap hari.

  • Mencuci

Cuci pakaian dengan air dingin. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida dan menghemat waktu serta energi yang Anda gunakan. Gunakan pengering pakaian hanya disaat cuaca hujan. Pengering pakaian akan memakan lebih banyak energi. Akan lebih baik Anda menjemur pakaian Anda di luar.

  • Peralatan Rumah

Ketika Anda berbelanja peralatan rumah, terutama elektronik, pastikan peralatan tersebut memiliki label energy star, dimana peralatan tersebut dapat menghemat energi saat digunakan. Cabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan. Beberapa jenis peralatan elektronik tetap memakan energi meskipun tidak digunakan namun dalam keadaan masih terhubung dengan daya listrik.

  • Rumah dan Kebun

Buat tempat pembuatan kompos sendiri di rumah Anda. Ini merupakan cara termurah untuk mengurangi sampah dari dapur dan kebun. Dengan membuat kompos dari dedaunan, potongan rumput, dan sampah basah dari dapur, Anda dapat menciptakan sendiri pupuk kaya nutrisi untuk tanah di kebun Anda yang lebih aman daripada pupuk kimia. Selain itu jangan buang begitu saja ampas kopi. Ampas kopi dapat digunakan sebagai pupuk tanaman, yang kaya nitrogen. Sehingga membantu pertumbuhan tanaman Anda dan menyuplai oksigen lebih banyak untuk lingkungan. Anda dapat menambahkan ampas kopi ini sebagai bahan kompos Anda di rumah.

  • Lingkungan Hijau

Gunakan pembersih yang ramah lingkungan. Anda dapat mengurangi penggunaan detergen dan pemutih pakaian. Bahan bahan kimia yang terbuang ke lingkungan akan dapat mengganggu ekosistem. Selain itu, untuk membuat lingkungan menjadi hijau, Anda dapat menanam pohon di lingkungan sekitar rumah Anda. Pepohonan menyediakan oksigen bagi sekitarnya sehingga membuat rumah Anda menjadi lebih sejuk, sehingga Anda tidak perlu menggunakan AC.

  • Plastik dan Kertas

Anda dapat mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tas belanja Anda sendiri. Beberapa supermarket kini memberi potongan harga bagi pengunjung yang membawa tas belanja sendiri. Selain itu Anda dapat menggunakan tas belanja dari plastik yang mudah terurai. Kurangi penggunaan kertas, dengan lebih memilih menggunakan email untuk mengirim dokumen penting, dan menggunakan kembali kertas bekas cetak untuk membuat memo. Anda dapat membeli kertas  daur ulang yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan. (sumber : www.teruskan.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA