Tips dan Trik: Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

24 March 2014

"Ketombe" adalah mengelupasnya atau penumpahan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Pengelupasan sel-sel kulit mati dalam jumlah yang kecil adalah normal yaitu sekitar 487.000 cells/cm2 dan tidak mengganggu. Lapisan epidermis terus menggantikan dirinya sendiri, sel didorong keluar dan pada akhirnya mati kemudian mengelupas. Frekuensi normalnya adalah sekitar satu bulan terjadi pengelupasan

 

Tetapi akan menjadi masalah bagi kita ketika mengalami jumlah pengelupasan diatas normal atau bahkan kronis karena pemicu tertentu. Jumlah sel-sel kulit mati yang mencapai 800.000 cells/cm2 disertai dengan kemerahan dan iritasi. Kondisi tidak normal ini membuat ketombe sering keluar dengan masa waktu 2-7 hari. Kebanyakan kasus ketombe dapat dengan mudah diobati dengan shampoo khusus. 

 

Ketombe sangat umum dialami oleh semua orang karena sel kulit kepala akan terus melakukan regenarasi. Hampir setengah dari populasi pada usia pasca-pubertas dan dari setiap jenis kelamin dan etnis mengalami ketombe. Ketombe yang berlebih sering menyebabkan gatal. Keratinosit memainkan peran kunci dalam ekspresi dan generasi reaksi imunologi selama pembentukan ketombe. Tingkat keparahan ketombe dapat berfluktuasi dengan musim terutama pada musim dingin dan keringat berlebih. 

 

Faktor-faktor yang menyebabkan ketombe adalah jamur, kulit berminyak, keringat berlebih, kulit kepala yang tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang dipakai seperti misalnya samphoo dan minyak rambut serta faktor lainnya.

 

Secara absolut ketombe tidak bisa dihilangkan karena regenerasi sel pasti akan terjadi, tetapi yang bisa kita lakukan adalah membuat keluarnya ketombe menjadi normal. Secara awam kondisi normal inilah yang kita kenal dengan "tanpa ketombe". Cara "menghilangkan" ketombe yang aman dan sehat tentunya dengan menggunakan bahan-bahan alami dapat kita lakukan dengan cara-cara berikut:

 

  • Jeruk Nipis

Campurkan 100 ml air jeruk nipis dengan 100 ml air perasan buah nanas dan 100 ml santan kemudian aduk rata. Hasil campuran dibasuhkan ke rambut sampai membasahi kulit kepala secara merata. Bilas rambut menggunakan sampo. Secara rutin lakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

  • Daun Pandan

Cuci daun pandan hingga bersih sebanyak 5-7 daun. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk ataupun digerus kemudian dicampur dengan setengah gelas air kemudian diperas. Basuh air perasan ke rambut sampai menyentuh kulit kepala. Tunggu kurang lebih selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih.

  • Jus Apel

Buatlah jus apel dengan jumlah apel kurang lebih 3 buah. Campur ekstrak apel dengan air hangat secukupnya dan aduk sampai rata. Gunakan untuk keramas dan tunggu sekitar 15 menit sebelum rambut dibersihkan.

  • Lidah Buaya

Tumbuk bagian daging lidah buaya sampai halus. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 15 menit sebelum dibersihkan.

  • Kangkung

Seikat kangkung direbus ke dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa setengahnya saja. Setelah dingin kangkung diremas-remas agar sarinya keluar. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 30. Air rebusan kangkung gunakan untuk membasuh rambut. Bersihkan rambut dengan air hangat atau keramas dengan sampo yang cocok dengna kulit kepala anda

  • Minyak Almond

Minyak almond dioleskan ke kulit kepala sampai rata sambil dipijat-pijat. Celupkan rambut ke dalam air hangat kemudian tutup selama setengah jam. Bilas sampai bersih

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipanaskan kemudian dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam kemdian bilas sampai bersih.

  • Cuka

Cuka dicampur dengan air dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan semalaman sebelum dibersihkan pada esok harinya.

  • Minyak Kelapa

Pijir kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa sebelum anda tidur. Tutup rambut menggunakan handuk selama 30 menit. Bilas sampai bersih.

Sumber: www.bolaria.net

Follow & Share :

INFO LAINNYA