Tips Sehat dan Bugar di Libur Natal & Tahun baru

17 December 2014

walaupun SIS bersemangat dlm menyambut masa libur Natal dan tahun baru dengan menyiapkan banyak hal, jangan lupakan hal yg terpenting yakni kesehatan. 
SIS tentu tak ingin tubuh sakit saat liburan. Untuk itu, berikut beberapa tips yg dapat SIS lakukan dari sekarang supaya tubuh tetap bugar dan fit saat liburan:
  1. Hindari makan berat di malam hari Alih-alih makan malam dlm porsi besar, cobalah sarapan dengan makanan yg kaya vitamin dan nutrisi guna meningkatkan energi. Makan malam yg terlalu banyak dapat merusak kualitas tidur dan menganggu pencernaan.
  2. Tidur yg nyenyak Tidak harus terlalu lama, tapi pola tidur kita sebaiknya tetap teratur. Coba ubah pola tidur sesuai kebutuhan SIS sendiri dan tak mencoba buat menyesuaikan waktu tidur agar sesuai dengan pasangan. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur berbeda. Beberapa orang membutuhkan tidur 6 jam, sedangkan yg lain membutuhkan 8-10 jam.
  3. Tidur teratur Cobalah tidur pada jam yg sama setiap hari. Pada malam hari, segera setelah SIS mulai menguap, naiklah ke tempat tidur. Jangan mencoba buat melawan dan memerangi kantuk.
  4. Kosongkan pikiran sebelum tidur Tidak ada gunanya memikirkan apa saja yg mesti didapkan buat liburan atau bagaimana dengan anak-anak. Tinggalkan itu semua saat SIS mulai berbaring di tempat tidur dan tenangkan diri. Akan ada waktu buat memikirkan itu semua.
  5. Lebih terorganisasi Menjelang perayaan Natal, tentu akan ada banyak hal yg perlu disiapkan, berbelanja, menyiapkan sajian, mendekorasi rumah. Jangan lakukan itu semua sendiri. Cobalah minta bantuan pasangan atau bahkan anak-anak buat membantu SIS. Dan, jangan lakukan itu semua mendekati hari H. SIS dapat mulai menyicilnya dari sekarang. Buat saja rencana mingguan dengan menyelipkan waktu buat istirahat dan relaksasi.
 
sumber: MediaIndonesia.com
Penulis Prita Daneswari.
Follow & Share :

INFO LAINNYA