Tips Mengolah Ikan

14 February 2017

  • Membeli ikan yang masih segar

Cara paling awal untuk mengolah ikan yang benar adalah Pada saat membeli ikan,jangan sampai anda membeli ikan yang sudah tidak segar lagi atau berkualitas buruk. Karena terkadang langsung membelinya tanpa diperiksa terlebih dahulu. pada waktu memilih ikan pastikan mata ikan bercahaya, bersih, dan insang masih merah. Ikan segar tidak mengeluarkan bau (kecuali bau dari laut). Jika berbau amis, jangan dibeli.

  • Jangan dipukul-pukul pada saat dimasak

Terkadang, orang memerlakukan ikan dengan cara dipukul-pukul seperti halnya daging ayam dan sapi. Perlakukan ikan sesederhana mungkin, tak perlu dipukul karena teksturnya sudah lembut. Bila berlebihan, ikan malah akan menjadi kering karena tidak lagi memiliki kandungan lemak.

  • Hilangkan Bau Amis Dengan bumbu Masakan

Untuk menghilangkan amis ikan, Anda bisa menggunakan banyak bumbu dan rempah-rempah. Kini telah banyak ikan dalam kemasan kaleng yang jauh lebih praktis karena telah diberi bumbu dan tinggal dimasak. Namun, tidak semua produk ikan kalengan memiliki bumbu yang pas, jadi Anda perlu membubuhkan lagi bumbu agar rasanya lebih nikmat.

  • Perhatikan tekstur

Kenali tekstur ikan sebelum Anda mengolahnya. Ikan dengan daging berwarna putih dan cenderung bercahaya, itu berarti mudah dan cepat matang.

  • Masaklah dengan Menggunakan Saus

Ikan adalah bahan makanan yang nikmat dan dalam kondisi segar, Anda bahkan bisa ‘mencicipi’ rasa laut. Ikan memiliki banyak cita rasa, masaklah ikan dengan saus yang tepat untuk meningkatkan cita rasanya. Penggunaan lemon dan mentega, khususnya untuk ikan bersisik putih, akan membuat rasanya semakin lezat.

  • Jangan Terlalu Matang

Ikan yang terlalu matang pasti tak akan terasa lezat lagi. Anda harus tahu, ikan yang terlalu matang akan kehilangan rasa dan kelembapannya. Jika memasaknya dengan benar, untuk beberapa lama ikan akan tampak tidak jauh berbeda seperti saat masih mentah. Anda tak perlu takut ikan tak akan matang sempurna. Suhu panas akan tetap masuk ke dalam daging ikan tanpa perlu api yang besar. Untuk menguji tingkat kematangan ikan, Anda bisa menyentuhnya selama dimasak. Dan, tidak seperti daging yang harus didiamkan 10-20 menit setelah dimasak untuk menjaga juicy-nya, ikan bisa langsung disantap usai dimasak. (sumber: www.solusitipsdanuneguneg.wordpress.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA