Tips masak sehat di rumah

Tips Memasak Sehat di Rumah

8 January 2018

Mendapatkan masakan sehat di luar rumah memang agak sulit, tetapi hal tersebut bukanlah hal yang mustahil bila Anda memasak sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri di rumah, Anda dapat memastikan kebersihan dan kandungan gizi makanan yang akan Anda konsumsi. Memasak makanan yang sehat juga bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Beberapa tips memasak sehat ala rumahan ini bisa Anda terapkan di rumah.

  • Kukus

Mengukus adalah cara memasak terbaik jika Anda ingin mendapatkan masakan sehat. Untuk tetap mendapatkan sedikit rasa dengan teknik pengolahan ini, Anda bisa mencampurkan satu sendok the minyak ke dalam makanan yang akan dikukus.

  • Perbanyak sayurah hijau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayuran hijau memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda untuk menyertakan menu sayuran hijau ke dalam hidangan rumah Anda. Berbagai kandungan pada sayuran hijau dapat membuat tubuh Anda tetap sehat.

  • Jangan gunakan minyak goreng

Meskipun Anda berasumsi bahwa menggunakan minyak goreng sehat untuk menggoreng, sebaiknya hindarilah untuk mengolah masakan dengan cara digoreng. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali membuat makanan yang digoreng, yang Anda perlukan hanya membatasinya agar tidak berlebihan.

  • Pilih jenis karbohidrat

Karbohidrat bukanlah zat gizi yang harus Anda hindari. Anda tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Yang Anda perlukan hanyalah memilih karbohidrat yang lebih sehat. Pilihlah karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat. Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah.

(sumber: 1health.id)

Follow & Share :

INFO LAINNYA