Tips praktis menyiapkan makanan

  • Atur menu di awal pekan, misalnya Sabtu atau Minggu. Belanjalah sekaligus dan siapkan masakan untuk seminggu pada hari itu. Pilihlah bahan yang tidak membutuhkan banyak waktu dan energi dalam mengerjakannya.
  • Selalu mencuci sayuran sebelum disimpan dalam kulkas. Bila wortel, buncis bisa dipotong sebelum masuk kulkas, kangkung dan bayam sebaiknya dicuci dan dibuang akarnya saja lebih dulu. Sebab, sayuran seperti ini akan kehilangan kesegarannya bila disimpan dalam keadaan terpotong-potong.
  • Bila berencana memasak dengan tambahan jagung manis, pipil lebih dahulu jagungnya, rebus sebentar dengan sedikit air ditambah sedikit gula. Masukkan dalam kantung plastik kecil-kecil. Setiap kantung untuk satu masakan. Masukkan dalam freezer. Dengan begitu rasa dan kandungan gizi pada jagung terjaga.
  • Bila merancang beberapa masakan dengan bahan dasar daging, ungkep daging, setengah matang. Atau bila menggunakan panci tekan, 1 kg daging bisa menghasilkan 5 liter kaldu. Masukkan dalam lima kantung plastik, masukkan dalam freezer. Kaldu dibutuhkan sebagai cairan untuk sup, rawon, gulai, yang akan kita olah secara kilat kemudian.
  • Siapkan bumbu-bumbu, seperti cabai merah, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih giling. Bila keadaan sangat repot, buat bumbu jadi masing-masing masakan, masak setengah matang. Masukkan kulkas.

Catatan :               

  • Bungkus bahan masakan setengah matang dalam plastik terpisah untuk satu kali masak. Lebih baik beri label dan tanggal memasukkannya ke dalam kulkas.
  • Pada hari penyajian, kita tinggal menggoreng tahu, tempe, kerupuk sebagai tambahan. Untuk tahu. rebus dahulu dengan sedikit garam sebelum disimpan agar tidak asam
  • Selalu sediakan bawang goreng di lemari makan. Bawang goreng adalah penyedap makanan yang bisa menggugah selera makan. 

Yuk masak dirumah agar makanan yang kita konsumsi lebih terjaga kesegarannya (eat well live better).

(sumber : www.rumahinspirasi.com)

ayo makan sehat
makan baik hidup lebih sehat
Follow & Share :

INFO LAINNYA