makan baik tingkatkan hidup lebih sehat

Yuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Makan Benar

22 July 2020

Hingga saat ini, obat untuk menyembuhkan COVID-19 belum ditemukan. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena virus berbahaya ini adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan baik dan benar yang bisa membantu meningkatkan sistem imunitas. Dengan sistem imunitas yang baik kita dapat memberikan perlindungan lebih terhadap tubuh kita dari resiko tertular penyakit.

 

Berikut ini adalah panduan dari ahli gizi dr.Juwalita Surapsari tentang makan benar yang bisa membantu melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

 

T: Adakah porsi makanan tertentu yang sebaiknya terpenuhi untuk memperkuat imunitas tubuh terhadap virus COVID-19?

 

J: Porsi makanan akan menyesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap orang yang ditentukan oleh usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan hingga aktivitas fisiknya. Sebagai panduan persentase masing-masing kelompok makanan dapat mengacu kepada Isi Piringku yang dikeluarkan oleh Kemenkes. Isi piringku ini berarti membagi ½ bagian piring untuk diisi dengan buah dan sayur, selanjutnya ½ bagian lagi dibagi menjadi 2/3 untuk sumber karbohidrat dan 1/3 untuk lauk sumber protein.

 

 

T: Adakah cara masak tertentu yang dianjurkan agar nutrisi bisa maksimal dan memperkuat imunitas?

 

J: Cara masak yang paling ideal adalah dengan cara mengukus untuk sayuran atau setidaknya direbus/bening. Ketika sedang makan, jangan lupa untuk mengkonsumsi kuahnya karena masih mengandung banyak zat gizi. Sedangkan untuk lauk dapat dipepes, bacem, panggang, ataupun tumis agar tidak terlalu banyak menggunakan minyak. Yuk masak di rumah agar makanan yang kita konsumsi lebih terjaga kesegaran nya.

 

T: Bagaimana sebaiknya kita memastikan food safety di era pandemi ini?

 

J: Cara yang terbaik adalah makan di rumah agar bisa terjamin kebersihan dan nilai gizinya. Mulai dari belanja bahan makanan, penyimpanan, persiapan bahan makanan, hingga proses masak harus tetap memenuhi standar keamanan. Saat berbelanja bahan makanan dari luar, segera pindahkan isinya, buang plastik pembungkus dan segera cuci tangan. Untuk penyimpanan makanan hindari menyimpan bahan makanan mentah dan makanan matang secara bersamaan. Cuci tangan sebelum dan sesudah proses memasak. Masak makanan hingga matang dengan suhu minimal 60 derajat.

 

T: Adakah makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang yang positif COVID-19 untuk membantu pemulihan?

 

J: Bila seseorang ternyata positif COVID-19 tetaplah makan dengan komposisi lengkap sesuai Isi Piringku, namun dengan penambahan porsi protein lebih dari biasanya atau tambahkan susu apabila memungkinkan. Pilihlah buah-buahan tinggi vitamin C seperti jambu biji, jeruk, kiwi, ataupun pepaya.

 

Yuk kita coba ikuti saran-saran ini agar makanan yang kita konsumsi setiap hari dapat memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan tubuh kita. Makan baik hidup lebih sehat untuk menghindari virus-virus berbahaya.

Follow & Share :

INFO LAINNYA