Resep Pasteis - Pastel Khas Brazil

Kue

Pasteis - Pastel Khas Brazil

Bahan Isi:

3 dada ayam.
1 sendok makan kaldu ayam.
1 bawang bombay sedang, cincang.
3 daun bawang, bagian putih dan hijau, cincang.
2 sendok teh garlic salt.
1 sendok teh oregano.
1/2 sendok teh bubuk cabai.
Air perasan ½ buah jeruk nipis.
1 sendok makan tepung jagung.
2 sendok makan pasta tomat.
4 ons cream cheese.
Garam dan merica secukupnya.
Minyak sayur untuk menggoreng.

Bahan Adonan Pastel:

3 cangkir tepung terigu.
1 1/2 sendok teh Garam .
1/2 sendok teh baking powder.
2 sendok makan minyak sayur.
1 butir telur, kocok.
1 sendok makan cuka .
3/4 cangkir air hangat.

Cara Membuat:

Tempatkan dada ayam dalam panci dengan kaldu dan tutup dengan air. Didihkan selama 5 menit. Matikan api dan diamkan tertutup selama 10 menit lebih. Angkat ayam dan sisihkan, siap jadi kaldu.

Siapkan adonan: Tempatkan tepung dalam mangkuk besar. Tambahkan minyak sayur, garam, baking powder, cuka dan telur. Campur 1/4 cangkir kaldu ayam yang sudah jadi dengan 3/4 cangkir air panas. Tambahkan campuran air secara bertahap ke dalam campuran tepung, aduk dengan baik. Menambahkan cairan cukup untuk membuat adonan, uleni adonan dengan perlahan sampai halus, tambahkan lebih banyak cairan jika diperlukan. Adonan harus lembut dan halus, tetapi tidak lengket (tambahkan tepung jika adonan terlalu basah). Biarkan sisa adonan selama 10 menit.

Giling ayam sampai halus (food processor yang dilengkapi dengan pisau plastik akan baik untuk ini) dan sisihkan. Panaskan 2 sendok makan minyak sayur dalam wajan dan tumis bawang bombay dan daun bawang sampai lunak. Tambahkan garlic salt, oregano, bubuk cabai, dan tepung maizena dan aduk rata. Tambahkan pasta tomat dan 1 cangkir kaldu ayam dan didihkan, sampai campuran mulai mengental sedikit. Tambahkan ayam yang sudah digiling dan aduk, tambahkan kaldu ayam jika campuran tampaknya terlalu kering. Tunggu sampai tidak panas dan aduk dalam krim keju dan air jeruk nipis sampai tercampur rata. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya.

Bagi adonan menjadi dua dan pipihkan adonan dengan roll sampai menjadi pipih pada permukaan datar yang ditaburi dengan terigu. Lipat dua kali dan gulung lagi, biarkan selama 5 menit. Pipihkan dengan menggunakan roll sampai setipis mungkin (sekitar persegi panjang 20cm). Denan menggunakan pemotong pizza, potong adonan setengah memanjang, lalu potong masing-masing setengah vertikal ke 5 buah, sehingga Anda memiliki 10 persegi panjang dari adonan. (Anda tidak perlu memotong mereka dengan ukuran ini saja- bisa lebih besar atau lebih kecil).

Tempatkan 1-2 sendok makan campuran ayam di atas persegi panjang adonan. Celupkan jari Anda dalam air dan lembabkan tepi persegi panjang. Tempatkan adonan persegi panjang yang lain di atasnya, isi dan bungkus. Tekan tepi 2 persegi panjang bersama-sama, kemudian mencubit mereka bersama-sama dengan garpu sepanjang jalan di sekeliling adonan. Ulangi dengan empat persegi panjang yang tersisa, lalu gulung setengah dari adonan dan ulangi.

Panaskan 2-3 inci minyak dalam panci berat atau deep fryer 360 derajat. Goreng pasteis dalam sampai berwarna cokelat keemasan. Tiriskan di atas kertas handuk. Sajikan hangat.

Pasteis merupakan jajanan khas brazil yang sangat lezat. Sangat cocok dijadikan camilan di sore hari bersama teh hangat.

Follow & Share :

INFO LAINNYA