Resep Hong Kong Egg Tart

Kue

Hong Kong Egg Tart

Bahan custard:

3 butir telur
160 gram gula bubuk
280 gram susu cair
1 sendok teh ekstrak vanila
1 sendok teh ekstrak rum

Bahan kulit tart:

125 gram mentega/margarine
60 gram gula bubuk
1 butir kuning telur
1/2 butir putih telur
1 sendok teh vanilla ekstrak
210 gram tepung terigu segitiga Biru

Cara membuat custard :

Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula bubuk. Gunakan spatula balon, aduk adonan hingga tercampur dengan rata. Aduk searah jarum jam, agar mengurangi gelembung udara. Masukkan susu cair dan vanila ekstrak, aduk rata. Saring adonan lalu diamkan selama 1 1/2 jam agar gelembung udara hilang. Sisihkan.

Membuat kulit tart:

Siapkan mangkuk, masukkan mentega dan gula bubuk, gunakan garpu aduk cepat hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang smooth.

Tambahkan kuning telur, 1/2 putih telur, dan vanilla ekstrak, aduk cepat dengan garpu.

Tuangkan tepung ke dalam adonan mentega, aduk dengan garpu hingga tercampur rata dan menjadi adonan.

Siapkan sehelai plastik wrap, tuangkan adonan ke atas permukaan plastik, bulatkan adonan dengan kedua tangan dan lalu pipihkan.

Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas minimal 1/2 jam hingga agak mengeras.

Taburkan tepung ke permukaan meja, letakkan adonan di atas tepung. Lumuri kayu penggilas dengan tepung, gilas adonan hingga tipis dan lebar.

Angkat adonan yang sudah tipis dan letakkan ke loyang agar lebih mudah gulung adonan ke kayu penggilas kemudian letakkan adonan diatas permukaan loyang bongkar pasang. Tekan-tekan dengan ujung jari agar adonan pas di loyang. Potong kelebihan adonan.

Tusuk permukaan adonan crust dengan garpu, sebagai aerasi agar kulit tidak menggelembung saat dipanggang.

Panaskan oven di suhu 150 derajat. Masukkan loyang berisi crust ke oven yang telah panas dan panggang selama 15 menit di rak paling bawah. Kemudian naikkan suhu menjadi 180'C dan panggang kulit di rak tengah selama 10 menit hingga kuning keemasan. Kita hanya akan memanggangnya setengah matang. Jika oven anda pendek seperti oven yang saya gunakan maka tidak perlu memindahkan loyang ke rak tengah, biarkan loyang berada di rak paling bawah.

Keluarkan loyang dan diamkan hingga kulit benar-benar dingin. Tuangkan larutan custard ke kulit yang sudah dingin hingga hampir meyentuh tepian crust. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya di suhu 165'C selama 15 menit kemudian kurangi panas oven menjadi 150'C dan panggang tart hingga custard mengeras namun masih sedikit bergerak jika loyang digerakkan.

Jika custard telihat mengembang dibagian tepi namun di bagian tengah masih basah, keluarkan tart dari dalam oven, dinginkan sebentar hingga custard kembali rata dan panggang kembali hingga matang. Selalu cek tart selama proses pemanggangan.

Keluarkan tart dari oven, biarkan dingin lalu lepaskan dari loyang. Potong-potong tart sesuai keinginan anda, santap selagi hangat, atau simpan dalam wadah di kulkas.

Jika masih ada sisa larutan custard, Jangan khawatir. Masukkan ke dalam cup tahan panas dan kukus selama 15 menit. Anda pun bisa menikmati puding custard yang sedap.

Untuk 1 loyang tart bongkar pasang diameter 20 cm.

Image: