Es kolak bola-bola talas

Bahan Es Kolak:

Kolang kaling diiris membujur tipis sebanyak 200 gr
Pisang barangan 5 buah diiris melintang
Tape ketan hitam manis 150 gr
Jahe 2 cm memarkan
Daun pandan 2 lembar, simpulkan
Gula pasir 200 gr
Santan 1 liter dari 1 buah kelapa.

Bahan Bola-bola talas:

Talas ketan 250 gr
Tepung maizena 25 gr
garam setengah sendok teh
pewarna merah 2 tetes
Air secukupnya

Cara membuat:

Kupaslah talas terlebih dahulu kemudia cuci, setelah itu ebus talas hingga matang dan empuk. angkat dan haluskan pada saat masih panas agar mudah dibentuk.

Tambahkan Garam, tepung maizena dan pewarna merah,aduk-aduk adonan sampai semuanya tercampur merata

Bentuk adonan talas tadi menyerupai bola-bola kecil segede kelereng, kemudian rebus dengan air panas sampai matang dan bola-bola menjadi mengapung. Angkat dan sisihkan.

Masak Santan dicampur daun pandan, gula, jahe yang dimemarkan. Agar santan tidak pecah, aduk-aduk sampai semuanya larut merata.

Masukan kolang kaling dan pisang tadi, aduk-aduk kembali sampai semuanya matang dan santan menjadi sedikit mengental. Angkat.

Siapkan gelas yang cukup besar atau mangkuk kecil, masukan bola-bola talas tadi beserta tape ketan hitam manis. siramlah dengan air santan kolang kaling dan pisang, sajikan selagi panas atau hangat.

Nah resep ini juga bisa disajikan dengan es yang sudah dihancurkan agar rasanya menjadi dingin dan nikmat. Sesuaikan saja dengan selera.

Kolak biasanya disajikan pada saat masih panas atau hangat. Nah kali ini kita akan membuatnya dingin sehingga rasanya menjadi lebih segar. Cara membuatnya cukup mudah, berikut resep berbuka puasa minuman es kolak bola-bola Talas.

Sumber: http://resepkoki.co/es-kolak-bola-bola-talas/>resepkoki.co

Follow & Share :

INFO LAINNYA