Resep Enchiladas

Lain-lain

Enchiladas

Bahan:

12 lembar tortilla jagung, siap pakai
2 sdm bawang bombai, cincang
75 gram keju cheddar parut
125 ml krim kental

Bahan Isi:

400 gram fillet dada ayam
4 sdm minyak zaitun / minyak goreng
4 siung bawang putih, cincang
75 gram bawang bombai, iris tipis memanjang
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir

Saus:

2 siung bawang putih, memarkan
2 buah cabai merah, potong-potong
1000 gram tomat
5 gram bawang bombai, belah-bela
20 gram daun ketumbar, cincang
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
250 ml air
4 sdm minyak zaitun

Cara Membuat:

Isi: Iris tipis melintang fillet dada ayam, lalu potong-potong menjadi lebi pendek atau cincang kasar. Panaskan minyak zaitun / minyak goreng dalam wajan, tumis bawang puti dan bawang bombai sampai arum. Masukkan daging ayam, aduk sampai kaku. Masukkan garam, merica, dan gula, aduk sampai cairannya mengering, angkat.

Saus: Rebus bawang putih dan cabai dalam air selama 5 menit, masukkan tomat. Masak terus selama ± 7 menit, angkat, tiriskan.

Masukkan tomat, bawang putih, dan cabai rebus ke dalam blender, tambahkan bawang bombai. Proses sampai halus, lalu campurkan bersama daun ketumbar cincang, garam, gula, dan merica. Tambakan air, aduk rata.

Panaskan minyak zaitun dalam wajan, masukkan adonan tomat, masak sampai mendidih. Kecilkan apinya, dan teruskan memasak selama ± 10 menit sampai mengental. Bila perlu tambahkan air secukupnya.

Ambil selembar tortilla, olesi permukaannya dengan adonan tomat. Bubuhkan adonan isi di tengahnya, lalu gulung. Lakukan hal yang sama hingga semua tortilla terisi adonan ayam.

Atur tortilla isi dalam loyang tahan panas. Siramkan sisa adonan tomat di atasnya. Taburi bawang bombai cincang dan keju parut, lalu siramlah krim kental di atasnya. Tutup loyang dengan aluminium foil, masukkan ke dalam oven, panggang sampai warnanya kecokelatan (± 10 menit), angkat.

Hidangkan selagi hangat.