Sebagai bagian dari tanggung jawab dan implementasi Ritel Berkelanjutan, kami berambisi untuk selalu menginspirasi pelanggan untuk membuat pilihan yang lebih sehat, menyediakan produk dari sumber yang bertanggung jawab, mengurangi timbulan sampah, serta mengurangi emisi karbon.

 

Menginspirasi Pelanggan untuk Membuat Pilihan yang Lebih Sehat

Apa yang kita konsumsi dapat membantu mencegah timbulnya penyakit, bahkan juga berpengaruh untuk kesehatan mental dan fisik yang baik.

Itulah sebabnya Super Indo, sebagai supermarket keluarga Indonesia, berkomitmen untuk membuat perbedaan dan mengedukasi pelanggan, masyarakat, dan karyawan kami tentang apa yang mereka makan, pentingnya nutrisi, dan menyediakan pilihan produk makanan yang lebih sehat di gerai.

Selain mendorong pola konsumsi yang lebih sehat dengan menyediakan produk segar berkualitas dan terjangkau, Kami ingin membantu pelanggan untuk hidup lebih sehat dan berkontribusi terhadap edukasi konsumsi asupan gula yang lebih seimbang melalui informasi indikator kandungan gula pada produk. Informasi lebih lanjut mengenai indikator kandungan gula pada minuman dapat dilihat di sini.

 

Menyediakan Produk dari Sumber yang Bertanggung Jawab

Bagaimana menjamin keamanan pangan dan tingkat nutrisi yang baik, juga menjaga sumber daya alam kita tetap lestari? Ini merupakan tantangan yang harus diatasi di semua tahapan rantai pasok. Sebagai tempat berbelanja dan tetangga yang lebih baik, Super Indo ingin memberikan solusi dan pilihan untuk memajukan keamanan pangan dan sumber keberlanjutan.

Super Indo bertanggung jawab untuk menjaga tingkat keamanan tertinggi untuk produk yang dijual, sekaligus meningkatkan jejak lingkungan dan sosialnya, dengan fokus utama pada produk merek Super Indo sendiri (private label). Selain bekerja secara aman dalam kondisi kerja yang baik, serta diproduksi di fasilitas yang bersih dan efisien, juga penting untuk memastikan bahwa komoditas tersebut bersumber secara berkelanjutan, dan diberi label yang jelas dan akurat.

Integritas Produk

Super Indo berkomitmen untuk meningkatkan kepatuhan terhadap standar keberlanjutan produk yang dijual dengan merek sendiri (private label), serta mempertahankan standar keamanan pangan terbaik di kelasnya. Semua produk makanan merek sendiri ditangani dengan baik dan mematuhi peraturan pemerintah atau disesuaikan dengan standar jaminan mutu yang dapat diterima. Mitra pemasok Super Indo juga didorong untuk bias meningkatkan standar keamanan pangan dan manajemen organisasi melalui sertifikasi BRCGS.

Untuk informasi lebih lanjut tentang sertifikat BRCGS, silahkan baca di sini.


Transparansi Produk

Super Indo berkomitmen untuk dapat membantu pelanggan memahami dampak keputusan belanja pelanggan Indonesia dalam membuat pilihan yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan, keterjangkauan, dan selera. Melalui informasi front of pack labelling yang ada di produk merek sendiri, Super Indo mendorong transparansi tentang nilai gizi menjadi lebih mudah diakses.

Beberapa produk komoditas unggulan di Super Indo seperti teh, kopi, kakao, minyak sawit, kedelai, kayu, perikanan, dan telur ayam merek sendiri, berasal dari sumber yang bertanggung jawab dan secara bertahap disertifikasi dengan standar yang dapat diterima.

Berikut adalah beberapa inisiatif yang dilakukan Super Indo:

 

Mengurangi Dampak Timbulan Sampah

Dalam operasional bisnis Super Indo, kami selalu berusaha meminimalisir dampak timbulan sampah yang dihasilkan, baik berupa sampah makanan maupun sampah plastik sekali pakai, dimana hal ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata kami untuk pengurangan sampah ke tempat pembuangan akhir.

Sampah Makanan

Untuk mengurangi sampah makanan di setiap gerai, kami memastikan setiap gerai melakukan sistem pemesanan, penanganan, penyimpanan, dan pemasaran yang tepat, sehingga mengurangi dampak produk menjadi rusak ataupun tidak bisa dijual. Dengan begitu, produk yang berpotensi menjadi sampah akan berkurang.

Kami mengelola beragam jenis sampah produk makan yang dihasilkan dalam kegiatan operasional, yaitu produk segar, minyak goreng bekas, dan produk makanan minuman yang masih baik namun tidak layak jual.

Dalam penanganannya, kami membuat dua skala prioritas yaitu pengolahan menjadi produk bernilai dan pemanfaatan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Dalam menjalankan program ini tentunya kami tidak bekerja sendiri, melainkan berkolaborasi bersama dengan mitra-mitra terpercaya kami. Upaya-upaya ini dilakukan agar sampah tersebut dapat diolah menjadi produk bernilai ataupun digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.


Sampah Plastik

Sebagai upaya pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai sekaligus memberikan pengalaman belanja yang lebih baik, kami menyediakan beberapa pilihan kantong belanja pakai ulang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Dengan edukasi dan promosi secara konsisten, semakin banyak pelanggan kami yang beralih ke kantong belanja pakai ulang.

Inovasi terus kami lakukan, seperti pada kantong plastik yang biasa digunakan di area produk segar, saat ini kami memberikan pilihan lain untuk pelanggan, yaitu Kantong Segar 365 yang dapat digunakan untuk berbelanja sayur dan buah.

Sebagai bentuk dukungan dan tanggung jawab terhadap kemasan yang digunakan dan dihasilkan, Kami bersama mitra juga melakukan upaya untuk pengumpulan sampah kemasan melalui program pengumpulan sampah kemasan dari rumah maupun melalui dropbox yang berada di gerai Super Indo, dalam rangkaian program diantaranya Conscious Living,
Smart Waste Hub, Jaga Gizi Jaga Bumi, dan Dropbox Sampah Kemasan.

 

 

Mengurangi Dampak Emisi Karbon

Perubahan iklim berdampak pada bagaimana sumber makanan diproduksi, diproses, dan kemudian dikonsumsi. Untuk berkontribusi lebih baik dalam menciptakan lingkungan dan masa depan yang lebih baik, Kami berkomitmen untuk terus menjalankan kegiatan operasional yang mengurangi dampak emisi karbon bagi lingkungan, seperti dengan melakukan penerapan sistem transportasi yang baik, pembaruan sistem refrigerasi yang lebih ramah lingkungan, juga efisisensi penggunaan listrik.