Di Super Indo, kami berkomitmen memberikan pelanggan dan rekan kerja kami tempat yang lebih baik untuk berbelanja dan bekerja, sekaligus menjadi tetangga yang lebih baik bagi komunitas kami. Kesejahteraan hewan adalah bagian integral dari komitmen tersebut, itulah sebabnya kami mengambil langkah-langkah kecil namun substansial untuk mengubah industri peternakan telur.

Sejak Desember 2021, semua gerai Super Indo telah menjual telur ayam tanpa kandang sekat (Cage Free Eggs) dalam rangkaian produk merek kami sendiri (Private Brand).

Kami harus memastikan bahwa transisi ke telur tanpa kandang sekat ini bersifat inklusif secara sosial dan juga ramah lingkungan. Di sini, kami melihat tantangan di kedua bidang tersebut.

Telur adalah bagian inti dari makanan (keluarga) Indonesia karena - dan harus terus menjadi - sumber protein yang terjangkau. Dengan terbatasnya pasokan telur tanpa kandang sekat saat ini, dan kurangnya mekanisme serta skema sertifikasi untuk skala ini, harga biaya akan tetap relatif tinggi. Dari sudut pandang lingkungan, kami ingin memastikan bahwa telur tanpa kandang sekat benar-benar dikonsumsi dan tidak terbuang percuma - karena harganya yang lebih mahal, dan telur dapat diperoleh dengan mudah dan dekat.

Pendekatan kami ada tiga:

  • Melibatkan pelanggan kami.
  • Mengadvokasi sertifikasi melalui otoritas Pemerintah.
  • Memobilisasi pemasok dan rekan bisnis kami.

1. Melibatkan pelanggan kami

Agar pelanggan setia kami dapat menghargai manfaat dari telur tanpa kandang sekat, yang saat ini masih dikatagorikan sebagai produk premium yang dikemas dalam merek sendiri, kami perlu melibatkan pelanggan kami secara ekstensif. Hal tersebut penting agar telur tidak berakhir sebagai limbah makanan – mengingat harganya yang lebih tinggi. Kami melakukannya dengan mendidik pelanggan kami melalui berbagai saluran komunikasi mengenai fakta di balik klaim produk.

Kami selalu menerima saran atau inisiatif tentang cara meningkatkan kesadaran seputar masalah kesejahteraan hewan di antara pelanggan kami.

2. Advokasi sertifikasi melalui otoritas Pemerintah

Selain menawarkan telur ayam tanpa kandang sekat di 100% gerai kami, penting juga untuk meningkatkan standar kualitas dan kesejahteraan hewan dari produk telur ayam lainnya. Untuk itu, pemerintah Indonesia telah memberlakukan apa yang disebut dengan sertifikasi NKV.

Di Super Indo, 100% telur kami telah disertifikasi di tingkat NKV. NKV diatur oleh Kementerian Pertanian dan mengandung 7 elemen penting: Praktik Kedokteran Hewan yang Baik; Keamanan hayati; Kesejahteraan Hewan; Bangunan; Fasilitas & Peralatan; Penanganan Produk; Personal Hygiene, dan Kebersihan serta Sanitasi.

Sedangkan kualitas dan keamanannya dipantau melalui SNI (Standar Nasional Indonesia) 3926: 2008. Semua telur ayam yang dijual oleh Super Indo juga telah memenuhi standar SNI.

Karena mendapatkan pengakuan sangat penting bagi peternak telur ayam tanpa kandang sekat untuk mendapatkan keuntungan dari usaha mereka, kami secara proaktif menganjurkan munculnya sertifikasi telur tanpa kandang sekat dari Kementerian terkait. Kami percaya bahwa ini penting, jika kami ingin meningkatkan praktik baik yang telah diterapkan oleh Super Indo ini secara nasional.

3. Memobilisasi pemasok dan rekan kami

Di Super Indo, kami ingin beberapa peternakan telur ayam menyediakan telur tanpa kandang sekat. Saat ini hanya sedikit pelaku usaha di Indonesia yang menawarkan telur tanpa kandang sekat. Kami terus mendorong kelompok peternakan yang lebih luas untuk mengikuti jejak mitra pemasok telur tanpa kandang sekat kami.