Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita sering berinteraksi dan menggunakan secara langsung produk dengan material yang berasal dari kayu, karena memang kayu merupakan salah satu material dengan daya tahan yang baik. Hal ini tentunya juga akan memberikan dampak secara langsung ataupun tidak langsung tidak hanya terhadap pelestarian hutan dan lingkungan, tetapi juga kepada seluruh rantai prosesnya termasuk dampak sosialnya.

Sertifikasi oleh lembaga yang kredibel merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memastikan semua aspek tersebut dapat dimonitor dan dievaluasi dengan maksimal sesuai dengan standar-standar yang baik. Sehingga dengan begitu kita bisa memastikan bahwa produk tersebut berasal dari hutan yang berkelanjutan.

Komitmen Super Indo tidak hanya untuk memastikan rantai pasok yang baik, tetapi juga bertanggung jawab, khususnya untuk pasok produk Merek Sendiri (own brand) yaitu merek 365. Dalam kaitannya terhadap produk asal hutan berkelanjutan, saat ini Super Indo sudah menyediakan pilihan produk private label 365 yang telah tersertifikasi FSC®, diantaranya adalah perlengkapan dapur untuk memasak dan juga tissue makan.



FSC® atau Forest Stewardship Council® adalah organisasi non-pemerintah internasional yang mempromosikan pengelolaan hutan dunia yang sesuai dengan lingkungan, bermanfaat secara sosial, dan layak secara ekonomi. https://id.fsc.org atau https://fsc.org/en.

Penelitian terbaru dari FSC® dan GlobeScan, mengungkapkan bahwa konsumen ingin membuat keputusan pembelian yang berfokus pada keberlanjutan dan label sertifikasi pihak ketiga yang terpercaya memainkan peran yang semakin penting. Disebutkan juga bahwa konsumen semakin peduli terhadap isu-isu keberlanjutan yang sangat terkait dengan hutan, dan menemukan bahwa 86 persen konsumen berusaha menghindari produk yang merusak keanekaragaman hayati dan hampir tujuh dari sepuluh konsumen global ingin memilih produk yang tidak berkontribusi terhadap perubahan iklim.



Selain itu upaya kita untuk menjaga hutan melalui produk yang berkelanjutan yang bersertifikasi FSC® ini juga merupakan aksi dan kontribusi nyata dalam mendukung 40 target di bawah 14 tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG). FSC® membantu mencapai pengelolaan hutan yang berkelanjutan di dunia, salah satu target SDG 15 (Kehidupan di Darat). Fokus lingkungan, sosial, dan ekonomi yang luas dari prinsip-prinsip pengelolaan hutan FSC® juga berkontribusi terhadap SDG yang berfokus pada kemiskinan, kesetaraan, sumber daya alam, pola produksi dan konsumsi, pekerjaan yang layak, perubahan iklim, masyarakat yang inklusif dan bertanggung jawab, dan kemitraan global.

Ayo lebih #BijakPilihProduk dengan membeli produk asal hutan yang berkelanjutan sebagai bentuk tanggung jawab kita dalam melindungi hutan serta demi mewujudkan kehidupan dan masa depan yang lebih baik!

 

Kampanye ini atas kerjasama Super Indo dan FSC® Indonesia. FSC® F000236