Dampak iklim

Fokus kami

Saat ini Super Indo fokus dalam meningkatkan efesiensi energi dari semua fasilitasnya. Antara lain dengan mulai menggunakan pendingin yang ramah lingkungan, mengurangi kebocoran zat pendingin, dan meningkatkan efisiensi transportasi dan logistik kami.

Dari sisi operasional, kami telah mengukur kinerja di tahun 2016 dengan hasil sebagai berikut:

  • Persentase daur ulang limbah kami saat ini adalah 52%, dan di tahun 2020 kami berharap dapat meningkatkannya hingga 59%.
  • Menjalankan operasional yang efisien untuk menurunkan emisi CO2 dan rata-rata GWP (Global Warming Potential) dari pendingin.

 

Apa yang kami lakukan:

Kampanye reusable bag

Menjalankan program penggunaan reusable bag melalui pemberian insentif berupa cash back kepada para pelanggan yang tidak menggunakan kantong plastik. Pelanggan juga dapat mendonasikan cash back tersebut untuk program-program pro-lingkungan. Kami juga memberikan secara gratis kardus bekas kepada pelanggan sebagai alternatif tempat belanja mereka.

 

Daur ulang minyak goreng

Mendaur ulang minyak goreng yang digunakan dari program menggoreng ikan gratis di sebagian besar gerai kami dan mengubahnya menjadi biodiesel.

 

Pembuatan kompos organik

Mengelola buah dan sayur yang tidak terjual menjadi kompos organik dengan pembuatan kompos yang dijalankan di 47 gerai.

 

Pengelolaan sampah

Memberikan pembekalan kepada pelanggan dan karyawan mengenai pengelolaan limbah di rumah tangga dengan cara daur ulang, bekerjasama dengan lembaga Indonesian Solid Waste Association.