31 May 2016

DUKUNG PETANI LOKAL, SUPER INDO INISIASI KERJASAMA DENGAN EWINDO DAN BNI

Jakarta, 30 Mei 2016 – Super Indo bersama PT East West Indonesia (EWINDO) dan BNI menjalin kerjasama yang memungkinkan petani lokal menggunakan benih berkualitas tinggi dan menghasilkan produk hortikultura berkualitas sehingga layak jual  di ritel modern seperti Super Indo dengan pasokan yang cukup dan berkelanjutan. Kerjasama yang dihasilkan juga memungkinkan petani lokal pemasok Super Indo untuk berdaya dan memperoleh kemudahan pembayaran melalui dukungan lembaga perbankan, BNI. Untuk itu, kerjasama diantara Super Indo – EWINDO diresmikan dalam acara yang berlangsung pada Senin, 30 Mei 2016. Dalam acara yang turut didukung oleh BNI tersebut, turut hadir perwakilan manajemen Super Indo, Bapak Wirawan Winarto, VP Operations Super Indo, Glenn Pardede Managing Director PT East West Seed Indonesia, Welan T. Palilingan, General Manager – Transactional Banking Services  Division dari PT BNI Tbk serta Fahrudin, perwakilan petani lokal yang telah menjadi pemasok sayur di Super Indo dan pegiat urban farming Ahmad Rizqi Fauzi.

Disamping serapan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Super Indo juga mengupayakan petani bisa memperoleh pembayaran dengan periode yang jauh lebih pendek untuk menjaga perputaran modal yang stabil, sehingga sejak tahun 2013, Super Indo telah bermitra bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia dalam hal sistem pembayaran cepat. Dukungan pendanaan tersebut, dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian petani dan memastikan periode produksi yang teratur.

EWINDO dan Super Indo juga menjalin kerjasama untuk mendorong masyarakat perkotaan untuk memenuhi sebagian kebutuhan akan bahan pangan yang segar dan sehat melalui program Urban Farming  atau pertanian perkotaan dengan menyediakan benih berkualitas di jaringan Super Indo. Program edukasi yang dijalankan antara lain membuat plot contoh lahan tidur di pinggiran komplek perumahan atau pekarangan misalnya yang bisa dibuat menjadi pusat budidaya pertanian terintegrasi berikut  produksi bioenergi dan pupuk organik. Pertanian urban juga memiliki sisi lain seperti untuk sarana rekreasi  bagi keluarga dan komunitas.