05 March 2016

Makassar– Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada Super Indo untuk inisiatif pengelolaan limbah dalam kegiatan operasionalnya. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Turut menerima penghargaan tersebut bersama-sama Super Indo adalah Tetrapak, The Body Shop Indonesia serta Aqua – Danone. Yuvlinda Susanta, Department Head Corporate Communication & Sustainability Super Indo, mewakili Super Indo dalam menerima penghargaan tersebut.

Menanggapi penghargaan yang diterima, Yuvlinda Susanta mengatakan “Super Indo berambisi untuk mencapai kondisi bebas sampah pada tahun 2020. Untuk itu, secara konsisten Super Indo menjalankan berbagai inisiatif hijau seperti kampanye penggunaan reusable bag, pemberian insentif kepada pelanggan yang tidak mengunakan kantong plastik melalui program “Use Reusable Bag, Get Cash Back”, program composting, food donation, dan program-program lainnya. Penghargaan ini tentu akan semakin memotivasi Super Indo yang telah berada di jalur yang tepat dalam upaya pengurangan sampah”.

Selain penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan inisiatif hijau yang baik, kegiatan yang berlangsung di Celebes Convention Center Makassar tersebut juga diwarnai dengan penandatanganan komitmen kesatupahaman untuk kebijakan kantong plastik berbayar. Komitmen ditantangani oleh APRINDO yang mewakili peritel modern, pimpinan dari berbagai Kota/Kabupaten, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan disaksikan oleh Wakil Presiden, Bapak Jusuf Kalla.

Sebagai informasi, Supermarket Super Indo memiliki ambisi keberlanjutan 2020, dimana salah satu targetnya adalah Bebas Sampah. Sejak 2006, Super Indo telah mengkampanyekan pengurangan kantong plastik di semua gerainya dan mulai menyediakan kardus sebagai wadah belanja secara gratis. Program insentif bagi pelanggan yang tidak menggunakan kantong plastik sejak 2013 berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik sebanyak lebih dari 11 juta lembar. Dengan berbagai inisiatif pengelolaan sampah seperti program komposting, food donation, pemanfaatan jelantah dan kardus, Super Indo

berhasil mengurangi sampah ke TPA sebesar 51,99% dari total sampah yang dihasilkan. Berbagai inisiatif dan pencapaian inilah yang mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan secara langsung penghargaan kepada Super Indo.

*Program “Gunakan Reusable Bag, Dapatkan Cash Back”.

Mulai 2013, Super Indo telah menjalankan program insentif bagi pelanggan yang tidak meminta kantong plastik atau kresek ketika berbelanja di Super Indo. Insentif tersebut berupa cash back sebesar Rp 100 untuk belanja minimal Rp 50.000, berlaku kelipatan Rp 100.000. Cash back tersebut bisa digunakan sebagai potongan harga atau didonasikan ke InSWA (Indonesian Solid Waste Association) untuk program-program edukasi Bijak Kelola Sampah.

Tentang Super Indo

Sejak tahun 1997, Super Indo tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Kini, Super Indo telah memiliki 129 gerai Super Indo yang didukung lebih dari 6.500* karyawan terlatih. Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan lokasi toko yang mudah dijangkau. Kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur operasional yang selalu dipantau. Hal ini menjadikan Super Indo sebagai pilihan tempat berbelanja yang selalu "Lebih Segar", "Lebih Hemat" dan "Lebih Dekat".

Tentang Delhaize Group

Super Indo merupakan jaringan ritel internasional DELHAIZE GROUP, yang berpusat di Belgia dan telah tersebar di 3 benua dan 7 negara (Belgia, Luksemburg, Yunani, Romania, Serbia, Amerika Serikat, dan Indonesia) dengan 3.402 gerai**. Delhaize Group tercatat di bursa saham Euronext Brussels (DELB) dan the New York Stock Exchange (DEG).

* Data hingga Januari 2016

** Data Laporan Tahunan Delhaize Group 2014