21 February 2016

SUPER INDO JADI TUAN RUMAH UJI COBA NASIONAL PERATURAN KANTONG PLASTIK TIDAK GRATIS DI BANDUNG

Sebagai Kota yang telahPemerintah Kota Bandung bersama peritel yang tergabung dalam APRINDO, bersama-sama meluncurkan uji coba peraturan Kantong Plastik Tidak Gratis bertempat di Super IndoDago, Bandung pada 21 Februari 2016. Hadir dalam acara tersebut, Bapak Ridwan Kamil, Walikota Bandung bersama jajaran pemerintahan Kota Bandung, perwakilan Kementerian LHK, jajaran manajemen Super Indo dan perwakilan peritel modern yang tergabung dalam APRINDO. Kota Bandung telah siap menjalankan uji coba Kantong Plastik Tidak Gratis dengan mengacu pada Peraturan Daerah terkait upaya pengurangan sampah plastik.

Acara diawali dengan tele-conference antara presiden Joko Widodo dengan Bapak Walikota. Bapak Presiden mendukung penuh berjalannya program ini dengan baik. Kemudian acara dilanjutkan dengan peluncuran program Kantong Plastik Tidak Gratis di 23 daerah secara nasional, diantaranya Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya. Tak ketinggalan, Super Indo mengajak
Bapak Walikota beserta tamu undangan untuk melakukan simulasi belanja di Super Indo dengan tidak menggunakan kantong plastik yang seharga Rp 200/ kantong sesuai dengan kebijakan pemerintah. Dalam simulasi tersebut, Bapak Walikota beralih menggunakan reusable bag Super Indo dengan harga terjangkau.

Uji coba kantong plastik berbayar ini akan dievaluasi untuk menentukan pengembangannya ke tahap selanjutnya.