Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Uluran Kasih Super Indo Berasama Pelanggan untuk Kanker Anak

15 Feb 2011

Fakta mengejutkan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan 2-3 % dari jumlah kasus kanker di Indonesia terjadi pada anak-anak. Diperkirakan setiap tahunnya ada 4100 kasus baru Kanker pada Anak di Indonesia.

Kanker pada anak tidak dapat dicegah, namun dapat disembuhkan bila ditangani sejak dini, dirawat sebaik-baiknya dan di obati secara tuntas. Perawatan dan pengobatan kanker anak membutuhkan waktu 3 bulan sampai 2,5 tahun. Namun kendalanya adalah biaya yang diperlukan terbilang besar baik untuk akomodasi, transportasi dan biaya hidup selama masa pengobatan. Besarnya biaya ini serta kurangnya  fasilitas yang tersedia seringkali  menyebabkan  terhentinya pengobatan dan perawatan.

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Internasional yang jatuh pada 15 Februari 2011, Super Indo bersama Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia(YKAKI) tergerak untuk menyebarkan kepedulian dan memberikan uluran kasih bagi anak-anak penderita kanker dari keluarga pra sejahtera untuk memperoleh perawatan serta pengobatan yang sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, mulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Desember 2010, Super Indo melalui 72 gerainya yang berada di Jabodetabek, Cilegon, Bandung, Sukabumi, Yogyakarta, Surabaya dan Palembang, mengajak para pelanggan untuk menggalang dana melalui program “Uluran Kasih untuk Kanker Anak”.Dengan cara yang sederhana, nyaman dan mudah bagi para pelanggan saat melakukan transaksi di kasir, dana sebesar Rp 639.428.200 berhasil terkumpul, dan disalurkan melalui YKAKI untuk program "Rumah Kita", rumah sementara bagi anak-anak penderita kanker dari seluruh Indonesia terutama dari keluarga pra-sejahtera selama menjalani pengobatan rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit rujukan.

Serah terima dana secara simbolik untuk ‘Uluran Kasih untuk Kanker Anak’ kepada YKAKI dilakukan di Rumah Kita – 2 di Jalan Anggrek Neli Murni Blok A 110, Slipi, Jakarta Barat, pada tanggal 18 Februari 2011, dilakukan Melanie Dharmosetio, Vice President Corporate, Development & HR Super Indo, bersama pelanggan setia Super Indo kepada Ketua YKAKI, Pinta Manullang-Panggabean.

Pinta Manullang-Panggabean, Ketua dan salah seorang pendiri YKAKI, dalam sambutannya mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan upaya Super Indo bersama pelanggan dalam membantu kami dalam program Rumah Kita. Kami berharap agar inisiatif ini dapat meningkatkan awareness publik yang menjadikan kesadaran sosial masyarakat akan terus tumbuh berkembang tentang kanker anak yang selama ini masih belum dianggap menjadi isu penting kesehatan”.

“Super Indo percaya, bila semua unsur masyarakat termasuk dunia usaha, bersungguh-sungguh dalam meningkatkan dampak positif dari setiap kegiatan, maka dunia akan menjadi lebih indah. Diharapkan kemitraan Super Indo dengan YKAKI ini akan dapat menginspirasi para pelanggan, karyawan dan pihak-pihak terkait untuk menyadari bahwa sekecil apapun bantuan yang diberikan akan sangat berartidalam membantu memperbaiki kesehatan, menyelamatkan, dan memberikan harapan bagi masa depan anak-anak penderita kanker.”, demikian diungkapkan oleh Melanie Dharmosetio,Vice President Corporate, Organization Development and Human Resources Super Indo.

Setelah penyerahan hasil donasi yang terkumpul secara simbolik dilakukan, acara dilanjutkan dengan talkshow. Bincang-bincang interaktif ini yang dipandu oleh Dian Hariyani (Division Head Organizational Development PT Lion Super Indo), bersama Prof.(em).DR.dr. Iskandar Wahidiyat spA(K), Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM dan juga sebagai Penasehat YKAKI; Ira Soelistyo, pendiri dan Sekretaris YKAKI; Melanie Dhamosetio (Vice President for Corporate, Organizational Development and HR Super Indo); serta duta YKAKI sekaligus pelanggan setia Super Indo BSD, Retno Palupi Andi Noya (Upie Noya).

Dari pemaparan Prof.(em).DR.dr. Iskandar Wahidiyat spA(K), para undangan yang hadir memperoleh informasi dan pengetahuan tentang Kanker pada Anak, bagaimana mengenali gejalanya sebagai upaya deteksi dini. Pemaparan ini sekaligus menampik mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang penyakit kanker pada anak. Melalui program-programnya, YKAKI memberikan kontribusinya dalam upaya menanggulangi penyakit kanker pada anak seperti Sekolahku, Rumah Kita, dan penyebarluasan informasi bagi masyarakat awam dan berbagai pengalaman dalam menangani penyakit kanker.

Fakta dan data yang dikemukakan para narasumber telah menggerakkan Super Indo, sebagai supermarket yang menyediakan berbagai produk makanan yang segar, sehat dan bergizi,  untuk terlibat aktif dalam program membantu YKAKI mewujudkan pengobatan dan perawatan anak penderita kanker. Retno Palupi Andi Noya (Upie Noya), sebagai perwakilan pelanggan setia Super Indo menyampaikan apresiasi terhadap Super Indo dan mengajak pelanggan lainnya bahwa untuk turut mendukung program penggalangan donasi. “Senang sekali buat saya sebagai pelanggan setia Super Indo bersama ribuan pelanggan lainnya dapat membantu dengan anak-anak pengidap kanker dari keluarga kurang mampu untuk memperoleh pengobatan yang layak. Melalui cara yang mudah, dimana kita tidak perlu repot menyetor via ATM atau bank, berapapun besarannya ternyata besar artinya bagi anak-anak yang membutuhkan.” ujar Upie Noya.


Super Indo News