Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Super Indo Olah Limbah Buah & Sayur Menjadi Pupuk Cair

02 Jan 2014

Department Head of Corporate Communications & Sustainability PT. Lion Super Indo Yuvlinda Susanta bersama Ketua Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Irfan Susilo, SH meresmikan proyek daur ulang limbah buah & sayur supermarket, Senin (30/12).

 

Sustainability Innovation Fund (SIF) Delhaize Group merupakan kompetisi yang digelar untuk mengumpul­kan ide-ide “hijau” keberlanjutan dari seluruh karyawan Delhaize Group di 10 negara operating company. Dimu­lai pada Mei 2013, Delhaize Group kemudian melakukan seleksi, dan mengumumkan 8 proposal pemenang ide ter­baik dimana Super Indo berhasil masuk dalam 8 proposal pemenang tersebut. Proposal yang mewakili Indonesia tersebut bertajuk: “Zero Waste : Pengolahan Limbah Buah dan Sayur Supermarket Menja­di Pupuk Organik Cair”. Proposal pemenang yang diusung oleh tim sustainable Yogyakarta ini, beranggotakan, Area Manager Yogyakarta Sri Suryani, Store Manager Super Indo Kaliurang M Farid J, Store Manager Super Indo Yogyakarta Sudirman Nurca­hyo Kuswiyarto, Security Kaliurang Sugiyono dan Dwi Santoso.

Sebagai realisasi komitmen Delhaize Group pada pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, pada Senin, 30 Desember 2013, Super Indo mengimple­mentasikan proposal pemenang SIF dengan melun­curkan pilot project Zero Waste : Pengolahan Lim­bah Buah dan Sayur Supermarket Menjadi Pupuk Organik Cair. Acara peluncuran digelar di Super Indo Parang Tritis, Yogyakarta dengan demonstrasi proses pembuatan pupuk cair yang berasal dari limbah pro­duk segar Super Indo seperti sayur dan buah-bua­han. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Pemerintahan Kota Yogyakarta, Ketua Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Irfan Susilo, SH, Ketua Umum Indonesia Solid Waste Association (InSWA) Ibu Sri Bebassari, dan para aktivis lingkungan Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Bapak Irfan memberikan apre­siasi terhadap inisiatif Super Indo dan berharap pro­gram ini dapat dilakukan secara konsisten sehingga kedepannya Super Indo dapat menjadi mitra pe­merintah Yogyakarta dalam program keberlanjutan dan mendukung terciptanya Yogyakarta BERHATI NYAMAN (Bersih, Sehat, Asri dan Nyaman) sesuai slogan Kota Yogyakarta. Peluncuran program ini juga menandai komitmen Super Indo sebagai supermar­ket pionir dalam pengelolaan limbah secara berke­lanjutan.

Selain peluncuran program, dalam kesempatan ini, Super Indo berhasil memperoleh penghargaan dibidang lingkungan dari InSWA atas peran aktifnya sebagai pelopor pengelola­han limbah sayur dan buah super­market sebagai upaya mengurangi sampah dari sumbernya diseluruh gerai di Indonesia. Sebagai tahap awal, Super Indo akan menerapkan fasilitas pengolahan limbah or­ganik di seluruh gerai Super Indo di Yogyakarta. Dan Super Indo menargetkan program Zero Waste dapat diimplementasikan di 53 gerai Super Indo di seluruh Indonesia pada Maret 2014.

Demonstrasi proses pengolahan limbah buah dan sayur supermarket menjadi pupuk organik cair.

 

Follow kami di google+ dan dapatkan voucher belanja GRATIS bagi Anda yang beruntung setiap minggunya

 

 


Super Indo News