Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

KONSISTENSI SUPER INDO KELOLA SAMPAH

28 Apr 2015

JAKARTA, 23 April 2015 – Memperingati Hari Bumi 2015 dan menggenapkan komitmen Super Indo untuk secara signifikan mengurangi sampah plastik dan menjalankan manajemen pengelolaan sampah yang lebih baik, Super Indo menjalin kerjasama dengan beberapa mitra hijau. Hari ini Super Indo menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan Indonesian Solid Waste Association (InSWA) untuk kerjasama pengelolaan sampah dengan bijak, Jakarta Animal Aid Network (JAAN) untuk pengelolaan sisa produk sayur dan buah, Delta Hijau Abadi untuk pengelolaan sisa minyak goreng  dan EPI Indonesia sebagai penyedia produk kantong plastik oxo-degradable di gerai-gerai Super Indo. Selain penandatanganan MoU, di hari yang sama Super Indo juga menggelar berbagai kegiatan di gerai-gerainya dalam mensosialisasikan penggunaan tas belanja pakai ulang (reusable bag), seperti:

1. Memberikan potongan harga untuk reusable bag Super Indo.

2. Belanja di Super Indo min. Rp 50.000 mendapatkan reusable bag gratis di beberapa gerai terpilih.

3. GRATIS reusable bag Super Indo dengan menukarkan kantong plastik dan/atau Styrofoam bekas di Super Indo Pondok Kelapa.

Proses penandatanganan MoU dan foto bersama Super Indo dengan mitra hijau.

Keseluruhan rangkaian program tersebut merupakan bagian dari strategi Super Indo untuk secara signifikan mengurangi dan memanfaatkan kembali limbah toko, baik organik maupun plastik dari kegiatan Super Indo setiap harinya. Seperti diungkapkan Wim Maris, VP Procurement, Marketing & Sustainability, “Super Indo memiliki komitmen tinggi dalam upaya-upaya pengurangan sampah dan memiliki tanggung jawab untuk menjalankan system pengelolaan sampah yang baik. Namun demikian, kami menyadari bahwa perlu kerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan hal tersebut. Dan penandatangan MoU pada hari ini, merupakan bukti komitmen dan keseriusan kami dalam sustainability yang bertujuan menciptakan masa depan lingkungan yang lebih cerah dan hijau”.

Yuvlinda Susanta, Department Head of Corporate Communication & Sustainability, kemudian menambahkan “Super Indo terus berinovasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam mengurangi efek buruk kantong plastik dan sampah yang dihasilkan Super Indo setiap harinya. Secara aktif, kami juga berkampanye di setiap gerai kami dengan menawarkan seluruh pelanggan untuk tidak menggunakan kantong plastik dan memberikan reward/insentif berupa cash back untuk mereka yang setuju.  Jika pelanggan tetap memilih untuk menggunakan kantong plastik, Super Indo sudah menyediakan kantong plastik oxo-degradable, yaitu plastik yang lebih ramah lingkungan karena relatif lebih mudah terurai dibanding plastik biasa yang butuh jutaan tahun untuk terurai.”

Kegiatan penukaran kantong plastik dan/atau stereofoam bekas dengan 1 buah reusable bag gratis.

Super Indo sendiri telah bekerja sama dengan InSWA sejak 3 tahun silam, dan selama periode tersebut, Super Indo secara signifikan berhasil mengurangi sampah dalam operasional sehari-hari. Sementara dengan JAAN, Super Indo telah bekerjasama sejak tahun lalu, dimana Super Indo menyediakan produk-produk organik seperti sayuran dan buah-buahan yang masih dalam kondisi baik namun sudah tidak sesuai dengan standar segar Super Indo, untuk menjadi konsumsi hewan-hewan yang dinaungi oleh JAAN.

Tak hanya dengan InSWA dan JAAN, Super Indo juga akan memulai bekerjasama dengan Delta Hijau Abadi untuk mengolah limbah minyak goreng menjadi biodiesel. Kerjasama baru ini diharapkan dapat secara signifikan mengurangi resiko buruk limbah minyak goreng dari fasilitas goreng gratis untuk pembelian produk ikan di Super Indo. Dan sebagai upaya mengurangi dampak negatif peredaran kantong plastik, Super Indo bekerja sama dengan EPI Indonesia sebagai penyedia produk kantong plastik oxo-degradable yang ramah lingkungan dan dapat lebih mudah terurai disbanding plastik biasa. 


Super Indo News