Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

"I Choose to Reuse" Eco Campaign Super Indo mengurangi sampah plastik

25 Feb 2013

Manajemen Super Indo menerima Rekor MURI langsung dari Jaya Suprana

 

Hari Peduli Sampah 2013, Super Indo Ajak Masyarakat  Kurangi Kantong Belanja Plastik

Saat ini hampir semua barang terbuat dari plastik mulai dari mainan anak-anak, peralatan dapur, peralatan makan, hingga kantong plastik. Setiap harinya ibukota Jakarta yang dihuni oleh 9,5 juta penduduk menghasilkan sampah 6000 ton sampah setiap harinya. 15% jumlah tersebut adalah sampah plastik. Sudah saatnya kampanye pengurangan sampah diikuti oleh aksi nyata dari semua pihak, masyarakat, pemerintah, dan bidang usaha.

Minggu, 24 Februari 2013. Didasari atas keinginan untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Super Indo mengadakan kampanye peduli lingkungan dengan aksi nyata bertemakan “I Choose to Reuse”. Sebuah komitmen akbar dari masyarakat untuk mengurangi pengunaan kantong plastik dan wadah berbahan polystyrene (styrofoam). Melalui kampanye ini Super Indo mengajak masyarakat untuk mulai menggunakan tas belanja pakai ulang dan wadah makanan atau minuman yang bisa digunakan kembali (bukan sekali pakai).

Berbagai kegiatan menarik juga disuguhkan dalam acara yang dilaksanakan pagi hari di area car free day Bundaran HI ini, diantaranya senam Gangnam Style, talkshow bersama Puteri Indonesia Lingkungan 2013 (Runner-up I Putri Indonesia 2013), Marisa Sartika Maladewi, pengumpulan lebih dari 2013 komitmen bersama untuk menggunakan kantong belanja dan wadah pakai ulang, serta pencapaian Rekor MURI dan Dunia  untuk Monster Sampah yang terunik dan tertinggi. Acara ini terbuka untuk umum, dimana setiap orang bisa menukarkan 5 sampah kantong plastik dan/atau wadah polystyrene dengan kantong belanja pakai ulang (reusable bag) Super Indo, uniknya dari sampah yang terkumpul tersebut, oleh tim kreatif dibentuk Monster Sampah yang mampu memecahkan rekor MURI dan Dunia.

“Untuk masalah lingkungan, kami yakin setiap orang adalah agen perubahan yang mempunyai peran penting bagi terciptanya kondisi lingkungan yang lebih baik di masa kini maupun yang akan datang. Karenanya, dengan kampanye yang mengajak partisipasi aktif semua pihak, tak terkecuali pemerintah dan rekan usaha Super Indo, kami ingin masing-masing individu berkomitmen. Lalu kemudian bisa menularkan kebiasaan-kebiasaan baik, ramah lingkungan, kepada keluarga dan komunitasnya,” jelas D. Yuvlinda Susanta, Department Head of Corporate Communications & Sustainability PT. Lion Super Indo di sela-sela kegiatan kampanye penggunaan tas belanja dan wadah pakai ulang.  

“Setiap kegiatan yang kami lakukan selalu kami dedikasikan untuk kepentingan komunitas dan lingkungan dimana Super Indo beroperasi. Ini adalah upaya kami untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat sekitar yang juga merupakan pelanggan kami. Pengurangan sampah, khususnya plastik dan polystyrene, menjadi salah satu perhatian kami dan menjadi bagian dari Sustainability Super Indo. Kami akan terus bekerja besama masyarakat, pemerintah dan mitra bisnis kami untuk memberikan yang terbaik,” papar Melanie Dharmosetio, Vice President Sustainability, Organizational Development & HR PT. Lion Super Indo.

Walikota Jakarta Pusat Bapak Dr. H. Saefulloh, MPd (kaos putih) hadir mendukung acara Eco Campaign Super Indo

Tentang Program Reusable Bag Super Indo

Pada tahun 2008 Super Indo mulai meluncurkan program eco campaign bertemakan Lindungi Lingkungan Kita. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Tahun ini, dengan mengusung tema “I Choose to Reuse” Super Indo meningkatkan program tersebut dengan mengajak pelanggan berpartisipasi lebih aktif. Caranya sangat mudah, cukup berbelanja tanpa menggunakan kantong plastik, pelanggan bisa mendapatkan uang kembali* (cash back). Dimana cash back tersebut bisa digunakan untuk memotong nilai total belanja atau didonasikan melalui Yayasan Perisai (Pusat Pengembangan Riset Sampah Indonesia) yang berada di bawah naungan InSWA, Indonesia Solid Waste Association. Dengan kemasan program yang lebih menarik ini, diharapkan pelanggan pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya lebih termotivasi untuk peduli lingkungan secara nyata.

Super Indo percaya bahwa apa yang dilakukannya tidak hanya sekedar menjual produk saja, tapi juga berkomitmen untuk memberi nilai lebih pada kehidupan. Super Indo ingin pelanggan dapat menemukan konsep belanja sehat, hemat, terjangkau dan tentunya ramah bagi lingkungan. Dengan berbelanja menggunakan reusable bag, pelanggan dapat menyalurkan komitmennya untuk mengurangi kantong plastik setiap berbelanja. Tidak hanya itu, Super Indo memberikan cashback setiap kali pelanggan berbelanja menggunakan reusable bag di Super Indo (syarat dan ketentuan berlaku).

 Warga DKI Jakarta ikut senam pagi ala gangnam style

 Puteri Indonesia Lingkungan 2013 ikut ambil bagian dalam acara Eco Campaign Super Indo

 

Warga DKI Jakarta menukarkan sampah plastiknya dengan tas pakai ulang

 

Warga DKI Jakarta menandatangani papan komitmen bersama untuk mengurangi sampah plastik dengan cara menggunakan tas pakai ulang


Super Indo News