Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

DUKUNG UMKM, SUPER INDO LUNCURKAN INDOCULINAIRE

22 Aug 2016

Super Indo mengembangkan dan menambah merek baru Private Brand, Indoculinaire, yang memungkinkan lebih banyak usaha mikro, kecil, dan menengah menyuplai produk-produk kuliner berkualitas untuk dipasarkan dan dijual di seluruh gerai-gerai Super Indo. Peluncuran Indoculinaire dilaksanakan pada Senin, 22 Agustus 2016 dan dihadiri oleh pejabat Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, serta pelaku UMKM yang kini telah menjadi partner bisnis Super Indo.

Upaya tersebut dijalankan Super Indo dalam rangka melestarikan makanan khas Indonesia dari gempuran makanan asing yang semakin marak di pasaran, menjaga tradisi dan budaya nusantara, dan secara bersamaan mendukung program Kementerian Perdagangan dalam dinamisasi pemberdayaan UMKM.

Apresiasi Super Indo untuk Dukungan Kementerian Perdagangan

Saat ini ada 3 kendala utama yang dihadapi oleh pelaku UMKM yakni: permodalan, teknologi, dan pemasaran. Agar kendala tersebut tidak menghambat tumbuh kembangnya UMKM, perlu dilakukan upaya pemberdayaan UMKM. Seperti yang disampaikan oleh Wirawan Winarto, VP Operations PT Lion Super Indo “Sejatinya  promosi produk-produk dalam negeri dan pemberdayaan UMKM merupakan gerakan sinergis antar berbagai pihak. Pemerintah memegang peranan terbesar dalam upaya pemberdayaan tersebut, dan Super indo sebagai pelaku usaha ritel siap mendukung program Pemerintah dalamdinamisasi pemberdayaan UMKM”. Dalam hal ini, Super Indo telah menerapkan berbagai pendekatkan dan menjalankan program-program yang memungkinkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah berkembang bersama Super Indo. Salah satunya dengan mengembangkan produk private brand, jadi kini merek Private Brand Super Indo tidak hanya 365, namun juga Indoculinaire, yang khusus menawarkan produk makanan khas Indonesia. Saat ini ada 60 jenis makanan, camilan, dan minuman khas kampung halaman yang ditawarkan melalui merek Indoculinaire. Super Indo masih terus membuka kesempatan untuk para pelaku usaha UMKM yang memiliki produk berkualitas untuk bergabung dengan Super Indo.

Foto Bersama Manajemen dan Narasumber Talkshow

Melalui kampanye "Parade Kuliner Indonesia", yaitu kampanye pelestarian makanan khas kampung halaman yang dijalankan di semua gerai Super Indo sejak diluncurkannya Indoculinaire, Super Indo menargetkan peningkatan penjualan yang konsisten sehingga membantu para pelaku UMKM yang menjadi mitra Super Indo untuk mengembangkan fasilitas produksinya dan membuka lebih luas lapangan pekerjaan.

D. Yuvlinda Susanta, Department Head Corporate Communication & Sustainability Department Super Indo, menambahkan “Salah satu misi Super Indo adalah mempromosikan produk lokal berkualitas dan berkelanjutan. Produk-produk makanan dan minuman yang dikemas dalam merek Indoculinaire, dapat menjadi solusi mengembalikan kecintaan masyarakat akan kuliner khas Indonesia yang mulai hilang diperkotaan dan secara bersamaan menjaga geliat usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menopang roda perekonomian Indonesia”.

Disamping serapan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Super Indo juga mengupayakan pelaku UMKM bisa memperoleh pembayaran dengan periode yang jauh lebih pendek untuk menjaga perputaran modal yang stabil, karenanya sejak tahun 2013, Super Indo telah bermitra bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia dalam hal sistem pembayaran cepat. Dukungan pendanaan tersebut, dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian UMKM dan memastikan periode produksi yang teratur.

Suasana Talkshow


Super Indo News