Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

DUKUNG PETANI LOKAL, SUPER INDO INISIASI KERJASAMA DENGAN EWINDO DAN BNI

31 May 2016

Super Indo bersama PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dan BNI menjalin kerjasama yang memungkinkan petani lokal menggunakan benih berkualitas tinggi dan menghasilkan produk hortikultura berkualitas sehingga layak jual  di ritel modern seperti Super Indo dengan pasokan yang cukup dan berkelanjutan. Kerjasama yang dihasilkan juga memungkinkan petani lokal pemasok Super Indo untuk berdaya dan memperoleh kemudahan pembayaran melalui dukungan lembaga perbankan, BNI. Untuk itu, kerjasama diantara Super Indo – EWINDO diresmikan dalam acara yang berlangsung pada Senin, 30 Mei 2016. Dalam acara yang turut didukung oleh BNI tersebut, turut hadir perwakilan manajemen Super Indo, Bapak Wirawan Winarto, VP Operations Super Indo, Glenn Pardede Managing Director PT East West Seed Indonesia, Welan T. Palilingan, General Manager – Transactional Banking Services  Division dari PT BNI Tbk serta Fahrudin, perwakilan petani lokal yang telah menjadi pemasok sayur di Super Indo dan pegiat urban farming Ahmad Rifqi Fauzi.

Bapak Wirawan Winarto (kanan), VP Operation PT. Lion Super Indo melakukan serah terima secara simbolik dengan petani lokal

Sebagai supermarket dengan banyak produk segar, Super Indo memiliki kebutuhan untuk memasok sayuran dan buah segar berkualitas secara rutin di semua gerainya guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Sebagai mitra dari Super Indo, EWINDO, produsen benih  sayuran dengan merk “Cap Panah Merah” membina berbagai kelompok tani sehingga dapat menghasilkan sayuran berkualitas dan mampu memenuhi standar untuk dapat dijual kepada pelanggan di Super Indo. Sebagaimana disampaikan Wirawan Winarto, VP Operation Super Indo “Tantangan Super Indo dalam menyediakan sayuran segar berkualitas, adalah pasokan yang teratur dengan kualitas yang standar. Kerjasama dengan EWINDO memungkinkan Super Indo untuk memasok langsung produk sayuran dari petani yang dijamin baik karena berasal dari benih yang baik dengan pengelolaan yang juga baik, dan dipasok secara teratur”.

Talkshow Super Indo dengan petani lokal, BNI dan komunitas cinta lingkungan

Salah satu penyebab rendahnya kesejahteraan petani di Indonesia, adalah sistem pemasaran produk pertanian. Petani-petani di bawah binaan EWINDO, tidak hanya mengolah benih sayuran berkualitas baik, namun juga memperoleh dukungan untuk dapat memasok ke supermarket Super Indo. Masuknya produk hasil pertanian secara langsung, memperpendek jalur distribusi sehingga menghindarkan petani dari para tengkulak dan pengepul, membuat harga yang diberikan menjadi semakin baik. Para petani juga mampu meningkatkan kualitas produksi sayuran mereka sehingga dapat memenuhi standar kualitas di Super Indo.

Seperti disampaikan oleh Sales and Marketing Director PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) Afrizal Gindow , “Kerjasama EWINDO dan Super Indo ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen kami dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani sayuran Indonesia melalui solusi pemasaran dan sekaligus dukungan untuk memajukan industri hortikultura nasional,” ujar Afrizal.

Disamping serapan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Super Indo juga mengupayakan petani bisa memperoleh pembayaran dengan periode yang jauh lebih pendek untuk menjaga perputaran modal yang stabil, sehingga sejak tahun 2013, Super Indo telah bermitra bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia dalam hal sistem pembayaran cepat. Dukungan pendanaan tersebut, dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian petani dan memastikan periode produksi yang teratur.

Super Indo bersama EWINDO, BNI dan petani lokal melakukan kunjungan keliling gerai Super Indo

EWINDO dan Super Indo juga menjalin kerjasama untuk mendorong masyarakat perkotaan untuk memenuhi sebagian kebutuhan akan bahan pangan yang segar dan sehat melalui program Urban Farming  atau pertanian perkotaan dengan menyediakan benih berkualitas di jaringan Super Indo. Program edukasi yang dijalankan antara lain membuat plot contoh lahan tidur di pinggiran komplek perumahan atau pekarangan misalnya yang bisa dibuat menjadi pusat budidaya pertanian terintegrasi berikut  produksi bioenergi dan pupuk organik. Pertanian urban juga memiliki sisi lain seperti untuk sarana rekreasi  bagi keluarga dan komunitas. Seperti dikatakan D. Yuvlinda Susanta, Department Head Corporate Communication & Sustainability Department Super Indo “Misi Super Indo adalah mempromosikan gaya hidup yang hijau sehat. Konsep urban farming yang berkembang dewasa ini, dapat menjadi salah satu solusi mengembalikan ruang hijau yang mulai hilang diperkotaan”.


Super Indo News