Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Aksi Hijau untuk Bumi, Super Indo Aktifkan Berbagai Kegiatan Peduli Lingkungan

01 May 2013

 

Manusia sering kali mengutamakan kenyamanan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada lingkungan sekitar dan bumi tempat kita tinggal. Sering kali kita berpikiran, selama kita masih mampu membayar berapapun sumber daya alam yang kita gunakan, kita cenderung menghambur-hamburkannya.

Contohnya penggunaan kantong plastik, kita sering kali memakai kantong plastik yang tidak perlukan padahal masih ada kantong plastik yang bisa kita gunakan kembali. Selama kita merasa mampu membayar lebih kita sering kali mengabaikan bahwa uang yang kita keluarkan sebenarnya tidak bisa mengembalikan sumber daya alam yang kita pakai. Sementara itu untuk memproduksi kantong plastik tersebut digunakan lebih dari berjuta kilo liter bahan bakar minyak, emisi yang dikeluarkan dari pembakaran, belum lagi sampah plastik yang mencemari tanah dan sungai, karena perlu ratusan tahun untuk terurai secara sempurna. Sampah yang masuk ke dalam sungai dan laut akan mengganggu ekosistem dan biota laut di dalamnya. Jika ekosistem sudah terganggu, maka habitat manusiapun akan terancam.

Penduduk Jakarta yang berjumlah hampir 9,5 juta jiwa setiap harinya memproduksi kira-kira 6000 ton sampah dan 15% dari jumlah tersebut adalah sampah plastik. Walaupun ada sampah yang bisa didaur ulang maupun dipilah, namun jumlahnya sangat kecil dan hal tersebut belum cukup untuk mengurangi jumlah sampah yang menggunung di tempat pembuangan akhir.

Untuk itu, sebagai upaya untuk mengurangi kantong plastik, Super Indo mengajak pelanggan mulai membiasakan menggunakan kantong belanja pakai ulang. Melalui program “Gunakan Reusable Bag, Dapatkan Cashback!”, pelanggan yang menggunakan kantong belanja sendiri atau kantong belanja pakai ulang berhak mendapatkan cashback. Cashback ini bisa didonasikan untuk memperkuat program Bijak Kelola Sampah, sebuah kerjasama Super Indo dengan Yayasan Perisai dalam pengembangan dan riset sampah. Yayasan Perisai sendiri berada dibawah naungan InSWA (Indonesia Solid Waste Association). Dengan demikian pelanggan Super Indo melakukan dua hal bermanfaat bagi lingkungan sekaligus, yakni mengurangi kantong plastik dan membantu pengembangan pengelolaan sampah. Semangat untuk melindungi lingkungan yang lebih baik inilah yang ingin disampaikan Super Indo.

Tidak hanya berbicara tentang sampah, Super Indo juga mengajak masyarakat luas untuk mengurangi polusi udara dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan dan menyehatkan seperti naik becak atau sepeda. Ajakan tersebut disampaikan dalam kegiatan konvoi becak yang belum lama ini dilaksanakan di Kota Cirebon. Konvoi becak yang unik ini dilakukan sepanjang jalan dari Hotel Santika menuju gerai Super Indo di Jalan Veteran Siliwangi dan diikuti oleh Puteri Indonesia Lingkungan Hidup 2013 (Runner I) - Marisa Sartika Maladewi, perwakilan pemerintah Cirebon - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon, serta Manajemen Super Indo.

Kegiatan Konvoi Becak yang digagas dalam rangka memperingati Hari Bumi se-dunia ini, merupakan awal dari serangkaian kegiatan pembukaan dua gerai Super Indo Supermarket di Cirebon. Super Indo juga mendonasikan 1000 pohon Mahonimelalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon untuk mendukung penghijauan kota.Mewakili manajemen PT Lion Super Indo, D. Yuvlinda Susanta – Department Head of Corporate Communications & Sustainability, menjelaskan bahwa Hari Bumi diperingati seluruh orang di dunia untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup manusia. Melalui Konvoi Becak dan Gerakan Tanam Pohon, Super Indo ingin menyampaikan pesan bahwa setiap individu bisa membawa perubahan dengan merubah gaya hidupnya. Naik becak atau sepeda bisa mengurangi polusi, sedangkan menanam pohon bisa meregenerasi lingkungan dan meningkatkan kualitas atmosfer.

 “Kepedulian lingkunganbukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga setiap individu dan seluruh bagian dari masyarakat itu sendiri. Kami di Super Indo yakin bahwa setiap tindakan sekecil apapun akan membawa pengaruh besar jika dilakukan bersama secara konsisten. Penggunaan kantong belanja pakai ulang untuk menggantikan kantong plastik bisa menjadi pilihan yang bijak ketika berbelanja,” Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Communications & Sustainability, memberikan keterangan.

Puteri Indonesia untuk Lingkungan Hidup 2013, Marisa Sartika Maladewi (kanan) ditemani oleh para undangan dari pemerintah kota Cirebon, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon, Eddy Krisnowanto bersiap mengikuti konvoi becak Super Indo. 

Konvoi becak Super Indo memasuki kawasan ramai di tengah-tengah kota Cirebon perjalanan menuju ke gerai Super Indo di Jalan Veteran Siliwangi.

Penanaman pohon ke-1000 dilakukan oleh President Director PT Lion Super Indo Elliot Dickson bersama Walikota Cirebon H. Ano Sutrisno, MM disaksikan oleh segenap manajemen PT Lion Super Indo dan Puteri Indonesia untuk Lingkungan Hidup 2013, Marisa S Maladewi.

Puteri Indonesia untuk Lingkungan Hidup 2013, Marisa S Maladewi melakukan penyiraman pohon yang ke-1000 yang ditanam di halaman depan gerai Super Indo Veteran Siliwangi.

 

Super Indo mendonasikan 1000 pohon melalui Dinas Kebersihan dan Penanaman Kota Cirebon untuk penghijauan kota.


Super Indo News