Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Sampah Kita, Tanggung Jawab Kita

 

Kehidupan manusia tidak bisa luput dari sampah. Kemampuan manusia untuk bertahan hidup menjadi alasan kenapa manusia menghasilkan sampah. Di kota-kota besar, sampah menjadi masalah utama. Ditengah pembangunan kota, manusia harus berbagi tempat dengan sampah (http://green.kompasiana.com)Sayangnya, tidak semua orang paham bahwa sampah juga punya tempat khusus untuk dibuang. Orang selalu beranggapan sampah bukan tanggung jawabnya selama sampah itu tidak ada di halaman rumah mereka. Sudah saatnya mari kita bertanggung jawab untuk sampah kita.

Ada banyak cara untuk lebih bertanggung jawab dan peduli lingkungan. Anda dapat memilah sampah memisahkan sampah kering dan sampah basah maupun memilah sampah organik dan non-organic sebelum membuangnya.

Hal ini mempermudah sampah organik terurai di alam tanah. Selain itu, anda dapat mengurangi sampah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik atau wadah/ kontainer styrofoam  sekali pakai. Upaya mengurangi kantong plastik juga dapat dilakukan dengan mendukung kegiatan pengelolaan sampah masyarakat atau tanpa menggunakan kantong plastik. Di Super Indo, pelanggan yang berbelanja* tanpa menggunakan kantong plastikberhak mendapat cash back berupa potongan belanja.

Program ini memungkinkan pelanggan Super Indo berpartisipasi dalam upaya melindungi lingkungan dengan menyalurkan potongan belanja (cash back) yang diperolehnya. Cash back yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada Yayasan Perisai melalui Program Bijak Kelola Sampah (Waste Wise) yang didukung oleh Super Indo dan Yayasan Perisai (Pusat Pengembangan Riset Sampah Indonesia) yang merupakan binaan INSWA (Indonesia Solid Waste Association).

Program Bijak Kelola Sampah yang merupakan program partisipasi masyarakat untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga yang dibuang ke TPA. Diantaranya untuk

kegiatan sosialiasi, pembinaan kader, pendidikan, pelatihan, penelitian, dan peningkatan

prasarana fisik untuk pemilahan maupun pengolahan sampah, baik skala komunal dan rumah tangga. Periode pengumpulan donasi ini berlaku mulai 11 Maret – 31 Desember 2013 dan penyalurannya akan dilakukan mulai bulan Juni 2013 sampai akhir 2014. Saat ini program akan difokuskan di Provinsi DKI Jakarta.

Untuk masalah lingkungan, Super Indo yakin setiap orang adalah agen perubahan yang memiliki peran penting bagi tercipatanya kondisi lingkungan yang lebih baik di masa kini maupun yang akan datang. Untuk itu, Super Indo mengajak partisipasi aktif semua pihak terkait dan masing-masing individu untuk berkomitmen untuk mengurangi kantong plastik salah satunya dengan menggunakan reusable bag. Dengan menularkan kebiasaan-kebiasaan baik menggunakan reusable bag kepada keluarga dan komunitas di sekitarnya, berarti kita turut menjaga lingkungan dan bumi kita.