Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

SUPER HEALTHY WITH SPORT

 

Jika dapat diilustrasikan pentingnya olah raga bagi tubuh adalah seperti mesin, jika tidak pernah digunakan / digerakkan. Lama kelamaan, bagian tertentu dari mesin akan rusak karena tidak dilatih untuk terus bergerak / bekerja. Sama halnya dengan tubuh, jika kurang gerak, menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan olahraga, tidak hanya otot-otot yang dapat dilatih, namun sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Tubuh terasa segar dan otak akan bekerja jauh lebih baik.

 

Bergerak atau berolah fisik, memang merupakan aktivitas favorit hampir setiap anak. Olahraga tak sekadar membuat anak kecil sehat dan bugar, tetapi dapat mengembangkan kemampuan motorik. Jadi, tubuh anak pasti jauh lebih fit.

 

Berikut beberapa jenis olah raga yang dapat diperkenalkan kepada balita SIS, sesuai dengan perkembangan usia dan tentu saja wajib dalam pengawasan SIS sebagai orang tua untuk menjaga keselamatannya:

 

1. Usia 2-3 tahun

  • Berlari
  • Berayun-ayun
  • Memanjat perosotan
  • Melompat dengan satu atau kedua kaki di matras
  • Bermain air

2. Usia 4-5 tahun :

  • Menangkap & menendang bola
  • Naik sepeda
  • Berenang

3. Usia 5-6 tahun :

  • Baris-berbaris
  • Berjalan di atas balok
  • Memanjat
  • Berayun
  • Bergelantungan
  • Berguling di matras
  • berputar, dan lain-lain

 

Banyak hal yang mungkin menjadi alasan bagi kebanyakan wanita untuk tidak suka berolahraga, mulai dari perasaan lemah, takut panas matahari, tidak ingin merusak dandanan bahkan sampai ada yang takut bila otot badannya akan berbentuk seperti otot laki-laki.

Berkat perkembangan zaman sekarang kecendrungan itu mulai berubah, banyak wanita yang sudah sadar akan manfaat berolahraga bagi kesehatan dan kebugaraan tubuh.

 

Manfaat khusus olahraga untuk wanita:

  1. Mengencangkan otot-otot tubuh bagian tertentu seperti paha, pinggul dan dada.
  2. Memelihara kekencangan kulit.
  3. Mengurangi Kerutan dan selulit.
  4. Menyembuhkan Jerawat dan Membuat kulit "bersinar".
  5. Dapat membantu proses persalinan.

 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan olahraga selama masa kehamilan, sejak awal hingga proses kelahiran, yaitu:

  1. Mengurangi nyeri pinggang, konstipasi, kembung, dan rasa begah.
  2. Dapat mencegah dan mengobati diabetes dalam kehamilan.
  3. Meningkatkan energi dan memperbaiki mood.
  4. Memperbaiki postir dan meningkatkan kekuatan berikut ketahanan otot.
  5. Membantu tidur lebih nyenyak.
  6. Meminimalisir nyeri saat persalinan.

Sebelum melakukan kegiatan olahraga, ada baiknya SIS konsultasikan terlebih dulu ke dokter bahwa SIS tidak memiliki masalah untuk melakukan olahraga selama masa kehamilan. Meskipun baik bagi kesehatan, namun ada kalanya ada beberapa kondisi dimana ibu hamil justru disarankan untuk tidak boleh melakukan atau menghentikan kegiatan olahraga.

 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh untuk anak yang sering berolahraga. Mengajak buah hati SIS untuk berolahraga mungkin bukan hal yang  mudah. Tetapi bila Anda berhasil, SIS tidak akan menyesal terhadap hasilnya. Manfaat olahraga bagi anak – anak adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi resiko obesitas
  2. Menjaga kesehatan alat gerak seperti otot, tulang, sendi-sendi, serta kesehatan alat tubuh seperti jantung, paru-paru dan syaraf.
  3. Mengurangi tekanan yang dirasakan, baik secara fisik maupun mental
  4. Istirahat berkualitas, rasa lelah setelah olahraga bisa membantu anak untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

Sedangkan manfaat olahraga yang dapat dirasakan bagi para remaja adalah :

  1. Membantu optimalisasi pertumbuhan tubuh 
  2. Melenturkan system persendian tubuh
  3. Membantu perkembangan keterampilan fisik
  4. Olahraga sebagai sarana untuk berteman, bersenang- senang, belajar bermain sebagai anggota tim, belajar untuk bermain secara adil, serta meningkatkan kepercayaan diri.
  5. Meningkatkan perkembangan emosional, keterampilan dan kecakapan dalam berinteraksi dengan sesama remaja.

 

Olahraga merupakan hal yang sangat penting dan berguna bagi lansia karena dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu olahraga juga mampu mencegah berbagai macam penyakit yang muncul sejalan dengan proses penuaan.

 Manfaat olahraga bagi para lansia:

  1. Meningkatkan kekuatan otot jantung, memperkecil resiko serangan jantung
  2. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah dan menghindari penyakit tekanan darah tinggi
  3. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga membantu mengurangi berat badan yang berlebih dan terhindar dari obesitas
  4. Menguatkan otot-otot tubuh sehingga otot tubuh menjadi lentur dan terhindar dari penyakit rematik
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Mengurangi stres dan ketegangan pikiran.

 

Jika SIS termasuk orang yang jarang olahraga karena alasan di atas, ada lima tips mudah berolahraga agar tetap bugar di tengah aktivitas yang padat :

  1. Sisihkan 10 jam per minggu untuk berolahraga di gym atau bisa juga diganti dengan jogging setiap pagi.
  2. Selama SIS fokus menjalani olahraga, kurang dari tiga bulan pasti SIS sudah merasakan manfaat yang signifikan bagi tubuh.
  3. Kombinasikan gerakan angkat beban yang SIS lakukan, dengan melakukan gerakan ringan lainnya.
  4. Cukup berlatih selama 20 menit senam ringan dirumah dengan melakukan variasi gerakan baru berdasarkan referensi dari berbagai video, youtube dan tv.
  5. Ajak pasangan atau teman SIS untuk ikut serta berolahraga agar kegiatan ini menjadi semakin menyenangkan.

 

Sehat dan cantik adalah impian adalah impian bagi setiap wanita, berbagai cara ditempuh untuk dapat memperoleh kesempurnaan dalam penampilan yang mereka inginkan. Dengan olah raga teratur dan disiplin manfaat yang dapat di peroleh adalah sebagai berikut:

  1. Kulit indah berkat sirkulasi darah dan oksigen yang lancar dalam tubuh
  2. Membentuk tubuh ideal sesuai keinginan  
  3. Menghilangkan kerutan di wajah
  4. Mencegah jerawat  
  5. Rambut tumbuh lebat dan sehat

 

Olahraga lari bisa meningkatkan  kesehatan tubuh secara menyeluruh.  Riset membuktikan lari juga meningkatkan fungsi paru-paru, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mencegah penyakit kekentalan darah. Manfaat lain dari olahraga lari :

  1. Mencegah penyakit: memperkecil resiko terkena kanker payudara ,  stroke , resiko terkena serangan jantung sangat dianjurkan juga bagi orang yang terkena gejala awal diabetes, tekanan darah tinggi dan osteoporosis
  2. Menurunkan berat badan
  3. Menambah percaya diri
  4. Menghilangkan stress
  5. Menghilangkan depresi

 

Manfaat olahraga Renang untuk kesehatan diantaranya:

  1. Melatih pernafasan.
  2. Meningkatkan kemampuan dari fungsi pernafasan (paru-paru) dan juga fungsi jantung.
  3. Menghilangkan stress.
  4. Meningkatkan pembentukan otot dan dan memperkuat otot-otot tubuh.
  5. Menambah tinggi badan.
  6. Membantu para ibu hamil dalam rangka mengatasi masalah emosi dan fisik selama masa kehamilan.

 

Ada tujuh jenis makanan yang mampu memaksimalkan hasil olahraga SIS sehingga hasil olahraga yang SIS lakukan tidak terbuang sia-sia:

  1. Telur
  2. Air kelapa
  3. Sereal gandum
  4. Susu rendah lemak
  5. Kacang-kacangan
  6. Buah blueberry
  7. Yoghurt

 

Ada 3 jenis makanan dan minuman yang sangat baik untuk memulihkan stamina SIS setelah berolahraga atau beraktivitas berat:

  1. Daging. Yang diperlukan adalah protein untuk membantu memulihkan kondisi otot. Kalau tidak ingin mengambil resiko konsumsi daging, telur bisa menjadi pilihan alternative
  2. Buah dan sayuran. Vitamin pada buah dan sayuran membantu tubuh untuk memecah karbohidrat, lemak, dan protein yang membuat tubuh pulih lebih cepat dan siap untuk sesi latihan selanjutnya.
  3. Susu. Sangat membantu dalam menguatkan otot tubuh. Di dalam secangkir susu, ada 16% asupan protein harian yang bisa memperbaiki dan membangun otot Anda.

 

Makan sesudah selesai berolahraga memang tidak salah, namun ada baiknya menghindari beberapa makanan dibawah ini agar tetap bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal :

  1. Snack asin
  2. Makanan manis dan bersoda
  3. Makanan berlemak / junk food
  4. Sayuran mentah
  5. Susu coklat

 

Olahraga berikut yang terbukti efektif membakar kalori guna menurunkan berat badan : 

  1. Step aerobics: olahraga ini menggunakan alat berupa undakan dan gerakannya banyak fokus di daerah paha, pinggul, serta bokong.
  2. Sepeda : bisa membakar 500 hingga 1000 kalori per jam.
  3. Renang : mampu membakar sekitar 800 kalori per jam.
  4. Berjalan : Jangan remehkan olahraga berjalan kaki, karena ini merupakan latihan kardio yang bisa membantu mengencangkan bagian kaki, perut, dan pinggul.
  5. Menari : Selain menyenangkan, menari bisa membakar sekitar 600 hingga 800 kalori setiap jamnya
  6. Kickboxing: jenis olahraga ini menyenangkan dan bisa membakar sekitar 600 kalori per jam.

Ada kurang lebih 20 jenis bahan makanan yang kaya akan nutrisi untuk membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh, diantaranya adalah :

  1. Minyak Zaitun
  2. Keju
  3. Buar Pir
  4. Jamur
  5. Quinoa (biji-bijian sejenis gandum yang kaya akan kandungan serat)
  6. Paprika Merah
  7. Tomat
  8. Cuka
  9. Salmon
  10. Yogurt
  11. Almond
  12. Apel
  13. Kacang hitam
  14. Kembang Kol
  15. Kayu manis
  16. Kopi
  17. Keju Cottag
  18. Telur
  19. Bawang putih
  20. Lentil

 

Preview

SUPER HEALTHY WITH SPORT

 

Jika dapat diilustrasikan pentingnya olah raga bagi tubuh adalah seperti mesin, jika tidak pernah digunakan / digerakkan. Lama kelamaan, bagian tertentu dari mesin akan rusak karena tidak dilatih untuk terus bergerak / bekerja. Sama halnya dengan tubuh, jika kurang gerak, menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan olahraga, tidak hanya otot-otot yang dapat dilatih, namun sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Tubuh terasa segar dan otak akan bekerja jauh lebih baik.

 

Bergerak atau berolah fisik, memang merupakan aktivitas favorit hampir setiap anak. Olahraga tak sekadar membuat anak kecil sehat dan bugar, tetapi dapat mengembangkan kemampuan motorik. Jadi, tubuh anak pasti jauh lebih fit.

 

Berikut beberapa jenis olah raga yang dapat diperkenalkan kepada balita SIS, sesuai dengan perkembangan usia dan tentu saja wajib dalam pengawasan SIS sebagai orang tua untuk menjaga keselamatannya:

 

1. Usia 2-3 tahun

  • Berlari
  • Berayun-ayun
  • Memanjat perosotan
  • Melompat dengan satu atau kedua kaki di matras
  • Bermain air

2. Usia 4-5 tahun :

  • Menangkap & menendang bola
  • Naik sepeda
  • Berenang

3. Usia 5-6 tahun :

  • Baris-berbaris
  • Berjalan di atas balok
  • Memanjat
  • Berayun
  • Bergelantungan
  • Berguling di matras
  • berputar, dan lain-lain

 

Banyak hal yang mungkin menjadi alasan bagi kebanyakan wanita untuk tidak suka berolahraga, mulai dari perasaan lemah, takut panas matahari, tidak ingin merusak dandanan bahkan sampai ada yang takut bila otot badannya akan berbentuk seperti otot laki-laki.

Berkat perkembangan zaman sekarang kecendrungan itu mulai berubah, banyak wanita yang sudah sadar akan manfaat berolahraga bagi kesehatan dan kebugaraan tubuh.

 

Manfaat khusus olahraga untuk wanita:

  1. Mengencangkan otot-otot tubuh bagian tertentu seperti paha, pinggul dan dada.
  2. Memelihara kekencangan kulit.
  3. Mengurangi Kerutan dan selulit.
  4. Menyembuhkan Jerawat dan Membuat kulit "bersinar".
  5. Dapat membantu proses persalinan.

 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan olahraga selama masa kehamilan, sejak awal hingga proses kelahiran, yaitu:

  1. Mengurangi nyeri pinggang, konstipasi, kembung, dan rasa begah.
  2. Dapat mencegah dan mengobati diabetes dalam kehamilan.
  3. Meningkatkan energi dan memperbaiki mood.
  4. Memperbaiki postir dan meningkatkan kekuatan berikut ketahanan otot.
  5. Membantu tidur lebih nyenyak.
  6. Meminimalisir nyeri saat persalinan.

Sebelum melakukan kegiatan olahraga, ada baiknya SIS konsultasikan terlebih dulu ke dokter bahwa SIS tidak memiliki masalah untuk melakukan olahraga selama masa kehamilan. Meskipun baik bagi kesehatan, namun ada kalanya ada beberapa kondisi dimana ibu hamil justru disarankan untuk tidak boleh melakukan atau menghentikan kegiatan olahraga.

 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh untuk anak yang sering berolahraga. Mengajak buah hati SIS untuk berolahraga mungkin bukan hal yang  mudah. Tetapi bila Anda berhasil, SIS tidak akan menyesal terhadap hasilnya. Manfaat olahraga bagi anak – anak adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi resiko obesitas
  2. Menjaga kesehatan alat gerak seperti otot, tulang, sendi-sendi, serta kesehatan alat tubuh seperti jantung, paru-paru dan syaraf.
  3. Mengurangi tekanan yang dirasakan, baik secara fisik maupun mental
  4. Istirahat berkualitas, rasa lelah setelah olahraga bisa membantu anak untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

Sedangkan manfaat olahraga yang dapat dirasakan bagi para remaja adalah :

  1. Membantu optimalisasi pertumbuhan tubuh 
  2. Melenturkan system persendian tubuh
  3. Membantu perkembangan keterampilan fisik
  4. Olahraga sebagai sarana untuk berteman, bersenang- senang, belajar bermain sebagai anggota tim, belajar untuk bermain secara adil, serta meningkatkan kepercayaan diri.
  5. Meningkatkan perkembangan emosional, keterampilan dan kecakapan dalam berinteraksi dengan sesama remaja.

 

Olahraga merupakan hal yang sangat penting dan berguna bagi lansia karena dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu olahraga juga mampu mencegah berbagai macam penyakit yang muncul sejalan dengan proses penuaan.

 Manfaat olahraga bagi para lansia:

  1. Meningkatkan kekuatan otot jantung, memperkecil resiko serangan jantung
  2. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah dan menghindari penyakit tekanan darah tinggi
  3. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga membantu mengurangi berat badan yang berlebih dan terhindar dari obesitas
  4. Menguatkan otot-otot tubuh sehingga otot tubuh menjadi lentur dan terhindar dari penyakit rematik
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Mengurangi stres dan ketegangan pikiran.

 

Jika SIS termasuk orang yang jarang olahraga karena alasan di atas, ada lima tips mudah berolahraga agar tetap bugar di tengah aktivitas yang padat :

  1. Sisihkan 10 jam per minggu untuk berolahraga di gym atau bisa juga diganti dengan jogging setiap pagi.
  2. Selama SIS fokus menjalani olahraga, kurang dari tiga bulan pasti SIS sudah merasakan manfaat yang signifikan bagi tubuh.
  3. Kombinasikan gerakan angkat beban yang SIS lakukan, dengan melakukan gerakan ringan lainnya.
  4. Cukup berlatih selama 20 menit senam ringan dirumah dengan melakukan variasi gerakan baru berdasarkan referensi dari berbagai video, youtube dan tv.
  5. Ajak pasangan atau teman SIS untuk ikut serta berolahraga agar kegiatan ini menjadi semakin menyenangkan.

 

Sehat dan cantik adalah impian adalah impian bagi setiap wanita, berbagai cara ditempuh untuk dapat memperoleh kesempurnaan dalam penampilan yang mereka inginkan. Dengan olah raga teratur dan disiplin manfaat yang dapat di peroleh adalah sebagai berikut:

  1. Kulit indah berkat sirkulasi darah dan oksigen yang lancar dalam tubuh
  2. Membentuk tubuh ideal sesuai keinginan  
  3. Menghilangkan kerutan di wajah
  4. Mencegah jerawat  
  5. Rambut tumbuh lebat dan sehat

 

Olahraga lari bisa meningkatkan  kesehatan tubuh secara menyeluruh.  Riset membuktikan lari juga meningkatkan fungsi paru-paru, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mencegah penyakit kekentalan darah. Manfaat lain dari olahraga lari :

  1. Mencegah penyakit: memperkecil resiko terkena kanker payudara ,  stroke , resiko terkena serangan jantung sangat dianjurkan juga bagi orang yang terkena gejala awal diabetes, tekanan darah tinggi dan osteoporosis
  2. Menurunkan berat badan
  3. Menambah percaya diri
  4. Menghilangkan stress
  5. Menghilangkan depresi

 

Manfaat olahraga Renang untuk kesehatan diantaranya:

  1. Melatih pernafasan.
  2. Meningkatkan kemampuan dari fungsi pernafasan (paru-paru) dan juga fungsi jantung.
  3. Menghilangkan stress.
  4. Meningkatkan pembentukan otot dan dan memperkuat otot-otot tubuh.
  5. Menambah tinggi badan.
  6. Membantu para ibu hamil dalam rangka mengatasi masalah emosi dan fisik selama masa kehamilan.

 

Ada tujuh jenis makanan yang mampu memaksimalkan hasil olahraga SIS sehingga hasil olahraga yang SIS lakukan tidak terbuang sia-sia:

  1. Telur
  2. Air kelapa
  3. Sereal gandum
  4. Susu rendah lemak
  5. Kacang-kacangan
  6. Buah blueberry
  7. Yoghurt

 

Ada 3 jenis makanan dan minuman yang sangat baik untuk memulihkan stamina SIS setelah berolahraga atau beraktivitas berat:

  1. Daging. Yang diperlukan adalah protein untuk membantu memulihkan kondisi otot. Kalau tidak ingin mengambil resiko konsumsi daging, telur bisa menjadi pilihan alternative
  2. Buah dan sayuran. Vitamin pada buah dan sayuran membantu tubuh untuk memecah karbohidrat, lemak, dan protein yang membuat tubuh pulih lebih cepat dan siap untuk sesi latihan selanjutnya.
  3. Susu. Sangat membantu dalam menguatkan otot tubuh. Di dalam secangkir susu, ada 16% asupan protein harian yang bisa memperbaiki dan membangun otot Anda.

 

Makan sesudah selesai berolahraga memang tidak salah, namun ada baiknya menghindari beberapa makanan dibawah ini agar tetap bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal :

  1. Snack asin
  2. Makanan manis dan bersoda
  3. Makanan berlemak / junk food
  4. Sayuran mentah
  5. Susu coklat

 

Olahraga berikut yang terbukti efektif membakar kalori guna menurunkan berat badan : 

  1. Step aerobics: olahraga ini menggunakan alat berupa undakan dan gerakannya banyak fokus di daerah paha, pinggul, serta bokong.
  2. Sepeda : bisa membakar 500 hingga 1000 kalori per jam.
  3. Renang : mampu membakar sekitar 800 kalori per jam.
  4. Berjalan : Jangan remehkan olahraga berjalan kaki, karena ini merupakan latihan kardio yang bisa membantu mengencangkan bagian kaki, perut, dan pinggul.
  5. Menari : Selain menyenangkan, menari bisa membakar sekitar 600 hingga 800 kalori setiap jamnya
  6. Kickboxing: jenis olahraga ini menyenangkan dan bisa membakar sekitar 600 kalori per jam.

Ada kurang lebih 20 jenis bahan makanan yang kaya akan nutrisi untuk membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh, diantaranya adalah :

  1. Minyak Zaitun
  2. Keju
  3. Buar Pir
  4. Jamur
  5. Quinoa (biji-bijian sejenis gandum yang kaya akan kandungan serat)
  6. Paprika Merah
  7. Tomat
  8. Cuka
  9. Salmon
  10. Yogurt
  11. Almond
  12. Apel
  13. Kacang hitam
  14. Kembang Kol
  15. Kayu manis
  16. Kopi
  17. Keju Cottag
  18. Telur
  19. Bawang putih
  20. Lentil

 


Info Sehat Lainnya