Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Sehat dengan Madu

 

 

Perburuan madu sudah dilakukan sejak 8000 tahun silam, hal ini dibuktikan dengan penemuan lukisan gua kuno (cave painting) di Valencia, Spanyol. Lukisan dari jaman prasejarah ini memperlihatkan pemburu madu yang sedang mengumpulkan madu dari sarang lebah liar.

Lukisan pemburu madu pada lukisan berumur 8000 tahun di gua Araña, Spanyol

Lukisan pemburu madu pada lukisan berumur 8000 tahun di gua Araña, Spanyol

Pemanfaatan madu lebah pada peradaban kuno juga ditemukan di Mesir kuno dan Timur Tengah. Selain digunakan untuk mempermanis kue, biskuit, dan digunakan dalam berbagai hidangan lainnya, masyarakat Mesir dan Timur Tengah kuno juga menggunakan madu untuk pembalseman orang mati.

Bahkan peternakan lebah pun sudah ada sejak dulu di jaman Cina kuno, disebutkan tentang seni beternak lebah dan pentingnya kualitas kayu untuk sarang lebah yang mempengaruhi kualitas madu. Budidaya lebah juga sudah dilakukan oleh bangsa Maya sejak jaman dahulu. Bangsa Maya menggunakan madu sebagai bahan utama dalam kuliner mereka. Lebah juga dianggap sebagai sesuatu yang suci oleh bangsa Maya kuno. (Sumber:wikipedia.org/wiki/Honey)

 

  1. Kaya senyawa humektan yang membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.
  2. Membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.
  3. Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.
  4. Membantu membersihkan luka, mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan luka  lebih cepat.
  5. Mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
  6. Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki.
  7. Sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
  8. Dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  9. Menembus lapisan atas kulit untuk mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.
  10. Pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit.
  11. Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat garis kerutan menjadi sangat halus dan lembut.
  12. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan mengurangi kelelahan otot.
  13. Membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
  14. Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
  15. Membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  16. Membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
  17. Membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
  18. Membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.
  19. Pencegah penyakit jantung dan kanker jika mengkonsumsi secara teratur.
  20. Menyehatkan mata.

(Sumber: merdeka.com)

 

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)

Energi

1.272 kJ (304 kcal)

Karbohidrat

82.4 g

Gula

82.12 g

Serat pangan

0.2 g

Lemak

0 g

Protein

0.3 g

Air

17.10 g

Riboflavin (Vit. B2)

0.038 mg (3%)

Niacin (Vit. B3)

0.121 mg (1%)

Asam Pantothenat (B5)

0.068 mg (1%)

Vitamin B6

0.024 mg (2%)

Folat (Vit. B9)

2 μg (1%)

Vitamin C

0.5 mg (1%)

Kalsium

6 mg (1%)

Besi

0.42 mg (3%)

Magnesium

2 mg (1%)

Fosfor

4 mg (1%)

Kalium

52 mg (1%)

Natrium

4 mg (0%)

Seng

0.22 mg (2%)

Shown is for 100 g, roughly 5 tbsp.
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

 

 

  1. Madu bunga kapuk randu: khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan dan luka bakar (dioles pada bagian yang luka), meningkatkan nafsu makan, mengobati demam dan panas dalam, memperkuat fungsi otak, sangat baik untuk masker wajah, sebagai suplemen makanan atau penambah nutrisi tubuh, sangat baik untuk balita-dewasa.
  2. Madu bunga karet: khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan keputihan, menghilangkan gatal-gatal, menyembuhkan alergi, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (oles pada bagian yang luka), menyembuhkan gatal-gatal, menyembuhkan masalah kulit seperti gatal dan alergi.
  3. Madu bunga kopi : sangat baik untuk masker wajah, berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka). Menyembuhkan penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit maag/lever, penyakit asthma, menghilangkan rasa mual, dan kepikunan.
  4. Madu bunga lengkeng: khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urin, memperkuat fungsi ginjal, menyembuhkan sakit pinggang, mempercepat penyembuhan luka operasi, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  5. Madu bunga mangga: khasiatnya meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkah rasa mual, memperkuat kandungan bagi ibu hamil, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  6. Madu bunga kaliandra: khasiatnya memperlancar pencernaan, meningkatkan hormon, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan darah tinggi/ rendah, membuat enak tidur dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka). Mengurangi rasa mual, mengobati reumatik.
  7. Madu bunga jambu air: mengandung khasiat untuk membuat enak tidur, meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa mual, memperkuat kandungan bagi ibu hamil, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  8. Madu bunga rambutan: meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urine, memperkuat fungsi ginjal, mengobati sakit pinggang, memperlancar fungsi otak, mengobati sakit maag, mengobati luka bakar, mengobati batuk dan asma, sebagai penambah nutrisi tubuh, memperlancar fungsi otak, menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  9. Madu tawon Gung: bahan makanan, obat minuman dan kosmetik, obat awet muda, dan memuLihkan vitalitas kerja, memperbaiki susunan darah. Memperlancar nafsu makanan. Meningkatkan HB darah.
  10. Madu Multi Flora/Hutan: Meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati demam dan panas dalam, mengobati sariawan, memperkuat fungsi otak, mengobati luka bakar, sangat baik untuk balita sampai manula, sangat baik untuk masker wajah.
  11. Madu Super Spesial (Madu + Bee Pollan + Royal Jelly + Rempah-rempah): Menambah stamina, menghilangkan rasa letih, memperlambat proses penuaan kulit, menyembuhkan sakit pinggang, mencegah kencing batu/ batu ginjal, mencegah panas dalam, meningkatkan vitalitas, mencegah tipes, memperkuat fungsi otak, mengobati sakit gigi, sangat baik untuk masker wajah.
  12. Madu Klanceng: Cocok bagi penderita diabetes melitus , sebagai pengganti insulin dalam tubuh, mengatasi lemah syahwat, menormalkan kadar gula dalam tubuh, menormalkan fungsi alat vital, menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh dan mengandung enzim-enzim penting yang diperlukan bagi tubuh.
  13. Bee Pollen: Meningkatkan IQ, mencegah serangan kanker, impotent, menoupouse, ketidaksuburan, triglicerida, arthritis, diabetes, tekanan darah tinggi, anemia, asthma, pembuluh kapiler yang lemah, diet, penyakit tukak lambung, gangguan prostat, varicose veins.
  14. Madu Super (Madu + Bee Pollen + Royal Jelly): Meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan hormone, memperkuat fungsi otak dan jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, mempercepat penyembuhan luka operasi, mengendurkan bagian syaraf yang tegang, menghilangkan rasa letih, meningkatkan kecerdasan anak, dapat dikonsumsi penderita diabetes, sangat baik untuk masker wajah, sebagai suplemen makanan.
  15. Madu Apel: berkhasiat untuk obat penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit maag / lever, penyakit asthma, menghilangkan rasa mual, memperkuat kandungan ibu hamil, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan lemak dalam tubuh, pengobatan luka bakar (dioleskan pada bagian yang luka), multi vitamin, cocok sebagai suplemen harian, obat asam urat, cholesterol, trigliserid, diabetes, batu ginjal, hipertensi, sembelit, batuk kronis, psoriasis, bronchitis, bisul dan gatal, rheumatik, osteoporosis, sakit sendi, batu empedu, otot kaku, tumor, migren, sinusitis.
  16. Madu Hutan Belantara: berkhasiat dengan cepat memulihkan tenaga dan membantu proses penyembuhan dari penyakit osteoporosis (tulang keropos), batuk, gangguan pencernaan, sakit (radang tenggorokan), migrain (sakit kepala), jantung, pertumbuhan gigi, mengobati penyakit sulit tidur, luka bakar, dan mengurangi kejang perut, menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak. Selain itu juga membantu menyembuhkan anemia, tukak lambung (maag), radang usus serta dapat menguatkan jantung dan ginjal.

(Sumber : wikipedia.org)

 

  1. Madu Tak Dikerubuti Semut, Madu tak akan mengundang perhatian semut. Jika Anda memiliki madu yang dikerubungi semut, sudah bisa dipastikan jika itu bukanlah madu asli.
  2. Meningkatkan Memori Otak, Sedikit madu yang dicampur dalam susu hangat dapat meningkatkan kualitas tidur. Campuran ini juga dapat meningkatkan memori bila dikonsumsi sebelum tidur. Tak perlu lagi diragukan lagi jika madu juga sangat baik untuk pertumbuhan anak.
  3. Mengandung Semua Zat Penting, Madu dianggap sebagai satu-satunya makanan yang mengandung semua bahan penting yang diperlukan untuk kehidupan manusia. Madu mengandung vitamin, mineral, air, enzim, serta mengandung antioksidan yang membantu dalam meningkatkan fungsi otak.
  4. Meningkatkan Energi, Mengonsumsi madu yang dioleskan di atas roti panggang setiap pagi dapat menambah jumlah energi bagi tubuh. Madu juga seringkali digunakan untuk campuran makanan atlet olahraga sebagai bagian dari usaha mereka untuk meningkatkan tingkat energi.
  5. Obat yang Mujarab, Sifat obat madu telah dikenal sejak jaman dahulu. Madu dikenal untuk mengobati batuk, pilek, serta menyembuhkan sakit tenggorokan. Sedikit madu yang dikonsumsi dengan air hangat setiap pagi dapat menyembuhkan gangguan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meredakan sakit perut, serta memperkuat otot.
  6. Sebagai Bahan Kecantikan, Madu merupakan bahan yang seringkali digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Tak hanya itu,  madu juga mampu menyembuhkan alergi kulit serta meredakan luka bakar.

(Sumber: Surabaya.bisnis.com)

 

  1. Cara pertama, meneteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.
  2. Cara kedua, dengan mengocoknya. Madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.
  3. Cara ketiga, dituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

(sumber: hutantropis.com)

 

Untuk melihat resep lengkap KLIK Judul atau gambar resep

1. HONEY CHICKEN WINGS

2. DAGING MASAK MADU

3. IKAN BAKAR MADU DABU-DABU

4. CAKE MADU JERUK NIPIS

5. PUDING KACANG HIJAU MADU

6. ES LEMON MADU

7. ES COKLAT MADU

Preview

Sehat dengan Madu

 

 

Perburuan madu sudah dilakukan sejak 8000 tahun silam, hal ini dibuktikan dengan penemuan lukisan gua kuno (cave painting) di Valencia, Spanyol. Lukisan dari jaman prasejarah ini memperlihatkan pemburu madu yang sedang mengumpulkan madu dari sarang lebah liar.

Lukisan pemburu madu pada lukisan berumur 8000 tahun di gua Araña, Spanyol

Lukisan pemburu madu pada lukisan berumur 8000 tahun di gua Araña, Spanyol

Pemanfaatan madu lebah pada peradaban kuno juga ditemukan di Mesir kuno dan Timur Tengah. Selain digunakan untuk mempermanis kue, biskuit, dan digunakan dalam berbagai hidangan lainnya, masyarakat Mesir dan Timur Tengah kuno juga menggunakan madu untuk pembalseman orang mati.

Bahkan peternakan lebah pun sudah ada sejak dulu di jaman Cina kuno, disebutkan tentang seni beternak lebah dan pentingnya kualitas kayu untuk sarang lebah yang mempengaruhi kualitas madu. Budidaya lebah juga sudah dilakukan oleh bangsa Maya sejak jaman dahulu. Bangsa Maya menggunakan madu sebagai bahan utama dalam kuliner mereka. Lebah juga dianggap sebagai sesuatu yang suci oleh bangsa Maya kuno. (Sumber:wikipedia.org/wiki/Honey)

 

  1. Kaya senyawa humektan yang membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.
  2. Membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.
  3. Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.
  4. Membantu membersihkan luka, mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan luka  lebih cepat.
  5. Mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
  6. Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki.
  7. Sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
  8. Dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  9. Menembus lapisan atas kulit untuk mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.
  10. Pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit.
  11. Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat garis kerutan menjadi sangat halus dan lembut.
  12. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan mengurangi kelelahan otot.
  13. Membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
  14. Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
  15. Membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  16. Membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
  17. Membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
  18. Membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.
  19. Pencegah penyakit jantung dan kanker jika mengkonsumsi secara teratur.
  20. Menyehatkan mata.

(Sumber: merdeka.com)

 

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)

Energi

1.272 kJ (304 kcal)

Karbohidrat

82.4 g

Gula

82.12 g

Serat pangan

0.2 g

Lemak

0 g

Protein

0.3 g

Air

17.10 g

Riboflavin (Vit. B2)

0.038 mg (3%)

Niacin (Vit. B3)

0.121 mg (1%)

Asam Pantothenat (B5)

0.068 mg (1%)

Vitamin B6

0.024 mg (2%)

Folat (Vit. B9)

2 μg (1%)

Vitamin C

0.5 mg (1%)

Kalsium

6 mg (1%)

Besi

0.42 mg (3%)

Magnesium

2 mg (1%)

Fosfor

4 mg (1%)

Kalium

52 mg (1%)

Natrium

4 mg (0%)

Seng

0.22 mg (2%)

Shown is for 100 g, roughly 5 tbsp.
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

 

 

  1. Madu bunga kapuk randu: khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan dan luka bakar (dioles pada bagian yang luka), meningkatkan nafsu makan, mengobati demam dan panas dalam, memperkuat fungsi otak, sangat baik untuk masker wajah, sebagai suplemen makanan atau penambah nutrisi tubuh, sangat baik untuk balita-dewasa.
  2. Madu bunga karet: khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan keputihan, menghilangkan gatal-gatal, menyembuhkan alergi, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (oles pada bagian yang luka), menyembuhkan gatal-gatal, menyembuhkan masalah kulit seperti gatal dan alergi.
  3. Madu bunga kopi : sangat baik untuk masker wajah, berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka). Menyembuhkan penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit maag/lever, penyakit asthma, menghilangkan rasa mual, dan kepikunan.
  4. Madu bunga lengkeng: khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urin, memperkuat fungsi ginjal, menyembuhkan sakit pinggang, mempercepat penyembuhan luka operasi, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  5. Madu bunga mangga: khasiatnya meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkah rasa mual, memperkuat kandungan bagi ibu hamil, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  6. Madu bunga kaliandra: khasiatnya memperlancar pencernaan, meningkatkan hormon, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan darah tinggi/ rendah, membuat enak tidur dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka). Mengurangi rasa mual, mengobati reumatik.
  7. Madu bunga jambu air: mengandung khasiat untuk membuat enak tidur, meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa mual, memperkuat kandungan bagi ibu hamil, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  8. Madu bunga rambutan: meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urine, memperkuat fungsi ginjal, mengobati sakit pinggang, memperlancar fungsi otak, mengobati sakit maag, mengobati luka bakar, mengobati batuk dan asma, sebagai penambah nutrisi tubuh, memperlancar fungsi otak, menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka).
  9. Madu tawon Gung: bahan makanan, obat minuman dan kosmetik, obat awet muda, dan memuLihkan vitalitas kerja, memperbaiki susunan darah. Memperlancar nafsu makanan. Meningkatkan HB darah.
  10. Madu Multi Flora/Hutan: Meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati demam dan panas dalam, mengobati sariawan, memperkuat fungsi otak, mengobati luka bakar, sangat baik untuk balita sampai manula, sangat baik untuk masker wajah.
  11. Madu Super Spesial (Madu + Bee Pollan + Royal Jelly + Rempah-rempah): Menambah stamina, menghilangkan rasa letih, memperlambat proses penuaan kulit, menyembuhkan sakit pinggang, mencegah kencing batu/ batu ginjal, mencegah panas dalam, meningkatkan vitalitas, mencegah tipes, memperkuat fungsi otak, mengobati sakit gigi, sangat baik untuk masker wajah.
  12. Madu Klanceng: Cocok bagi penderita diabetes melitus , sebagai pengganti insulin dalam tubuh, mengatasi lemah syahwat, menormalkan kadar gula dalam tubuh, menormalkan fungsi alat vital, menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh dan mengandung enzim-enzim penting yang diperlukan bagi tubuh.
  13. Bee Pollen: Meningkatkan IQ, mencegah serangan kanker, impotent, menoupouse, ketidaksuburan, triglicerida, arthritis, diabetes, tekanan darah tinggi, anemia, asthma, pembuluh kapiler yang lemah, diet, penyakit tukak lambung, gangguan prostat, varicose veins.
  14. Madu Super (Madu + Bee Pollen + Royal Jelly): Meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan hormone, memperkuat fungsi otak dan jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, mempercepat penyembuhan luka operasi, mengendurkan bagian syaraf yang tegang, menghilangkan rasa letih, meningkatkan kecerdasan anak, dapat dikonsumsi penderita diabetes, sangat baik untuk masker wajah, sebagai suplemen makanan.
  15. Madu Apel: berkhasiat untuk obat penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit maag / lever, penyakit asthma, menghilangkan rasa mual, memperkuat kandungan ibu hamil, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan lemak dalam tubuh, pengobatan luka bakar (dioleskan pada bagian yang luka), multi vitamin, cocok sebagai suplemen harian, obat asam urat, cholesterol, trigliserid, diabetes, batu ginjal, hipertensi, sembelit, batuk kronis, psoriasis, bronchitis, bisul dan gatal, rheumatik, osteoporosis, sakit sendi, batu empedu, otot kaku, tumor, migren, sinusitis.
  16. Madu Hutan Belantara: berkhasiat dengan cepat memulihkan tenaga dan membantu proses penyembuhan dari penyakit osteoporosis (tulang keropos), batuk, gangguan pencernaan, sakit (radang tenggorokan), migrain (sakit kepala), jantung, pertumbuhan gigi, mengobati penyakit sulit tidur, luka bakar, dan mengurangi kejang perut, menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak. Selain itu juga membantu menyembuhkan anemia, tukak lambung (maag), radang usus serta dapat menguatkan jantung dan ginjal.

(Sumber : wikipedia.org)

 

  1. Madu Tak Dikerubuti Semut, Madu tak akan mengundang perhatian semut. Jika Anda memiliki madu yang dikerubungi semut, sudah bisa dipastikan jika itu bukanlah madu asli.
  2. Meningkatkan Memori Otak, Sedikit madu yang dicampur dalam susu hangat dapat meningkatkan kualitas tidur. Campuran ini juga dapat meningkatkan memori bila dikonsumsi sebelum tidur. Tak perlu lagi diragukan lagi jika madu juga sangat baik untuk pertumbuhan anak.
  3. Mengandung Semua Zat Penting, Madu dianggap sebagai satu-satunya makanan yang mengandung semua bahan penting yang diperlukan untuk kehidupan manusia. Madu mengandung vitamin, mineral, air, enzim, serta mengandung antioksidan yang membantu dalam meningkatkan fungsi otak.
  4. Meningkatkan Energi, Mengonsumsi madu yang dioleskan di atas roti panggang setiap pagi dapat menambah jumlah energi bagi tubuh. Madu juga seringkali digunakan untuk campuran makanan atlet olahraga sebagai bagian dari usaha mereka untuk meningkatkan tingkat energi.
  5. Obat yang Mujarab, Sifat obat madu telah dikenal sejak jaman dahulu. Madu dikenal untuk mengobati batuk, pilek, serta menyembuhkan sakit tenggorokan. Sedikit madu yang dikonsumsi dengan air hangat setiap pagi dapat menyembuhkan gangguan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meredakan sakit perut, serta memperkuat otot.
  6. Sebagai Bahan Kecantikan, Madu merupakan bahan yang seringkali digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Tak hanya itu,  madu juga mampu menyembuhkan alergi kulit serta meredakan luka bakar.

(Sumber: Surabaya.bisnis.com)

 

  1. Cara pertama, meneteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.
  2. Cara kedua, dengan mengocoknya. Madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.
  3. Cara ketiga, dituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

(sumber: hutantropis.com)

 

Untuk melihat resep lengkap KLIK Judul atau gambar resep

1. HONEY CHICKEN WINGS

2. DAGING MASAK MADU

3. IKAN BAKAR MADU DABU-DABU

4. CAKE MADU JERUK NIPIS

5. PUDING KACANG HIJAU MADU

6. ES LEMON MADU

7. ES COKLAT MADU


Info Sehat Lainnya