Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Menu Sehat dan Hemat untuk Keluarga

Berikut ini beberapa informasi dalam mengatur menu sehat dan hemat untuk keluarga :

  1. Buat tabel ke kanan mendatar: nama2 hari dan bahan utamanya. Paling kiri menurun berisi: menu utama, sayur, pelengkap, buah/kue
  2. Tentukan bahan makanan utama yang berbeda selama tujuh hari. Misalnya: Senin: ayam, Selasa: tahu, Rabu: ikan, Kamis: tempe, Jumat: telur, Sabtu: daging, Minggu: bebas, tergantung permintaan. Terserah mau diisi dengan bahan apa. Namun pastikan bahannya yang mudah didapat, berkualitas, dan menyehatkan.
  3. Mulai isi tabel dari hari Senin terus ke bawah hingga 4 minggu yang berbahan utama Ayam. Misalnya Senin: sop bola ayam jamur, ayam gerpek, rolade ayam, pepes ayam. Selasa: sapo tahu kailan, rolade tahu, tahu lapis daging, tahu balut asam manis. Begitu seterusnya sampai hari Minggu. Lengkapi pula sayur, pelengkap dan buah/kue yang disukai keluarga. Kelihatan kan variasi masakan dari bahan utama yang sama.
  4. Usahakan agar menu utama dan sayur sesuai. Maksudnya, kalau menu utama berkuah, maka sayur jangan berkuah dan sebaliknya. Jika rasa makanan utama manis/pedas/gurih, maka rasa sayurannya jangan sama.
  5. Usahakan mencari sumber pencarian menu dari satu website. Ini sangat membantu untuk menyusun menu harian selama sebulan buat pemula seperti saya. Jangan lupa simpan link atau copy resepnya, siapa tahu pas lagi mau masak tiba-tiba lupa tahapan atau bahan-bahannya tapi sinyal internet mati.
  6. Belanja bahan-bahan makanan per tiga hari saja agar bahan masih segar dan kulkas juga tidak jadi penuh sesak. Lihat bahan-bahan yang diperlukan 3 atau 4 hari ke depan, apa yang ada di kulkas, yang tidak ada di kulkas berarti harus dibeli, dibuat saja daftarnya agar tidak lupa. Ini juga menghindari kalap mata pas ke tukang sayur, melihat ikan dan sayuran yang masih segar-segar langsung saja diborong, padahal gak ada di menu yang sudah ditetapkan.

Ternyata dengan membuat menu bulanan ini, bisa memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga secara terencana. Menu juga secara tidak langsung bisa mengukur pengeluaran dari konsumsi keluarga. Buatlah menu sesuai budget sehingga kita bisa mengatur pengeluaran secara bijak. (sumber: www.theurbanmama.com)

 

Preview

Menu Sehat dan Hemat untuk Keluarga

Berikut ini beberapa informasi dalam mengatur menu sehat dan hemat untuk keluarga :

  1. Buat tabel ke kanan mendatar: nama2 hari dan bahan utamanya. Paling kiri menurun berisi: menu utama, sayur, pelengkap, buah/kue
  2. Tentukan bahan makanan utama yang berbeda selama tujuh hari. Misalnya: Senin: ayam, Selasa: tahu, Rabu: ikan, Kamis: tempe, Jumat: telur, Sabtu: daging, Minggu: bebas, tergantung permintaan. Terserah mau diisi dengan bahan apa. Namun pastikan bahannya yang mudah didapat, berkualitas, dan menyehatkan.
  3. Mulai isi tabel dari hari Senin terus ke bawah hingga 4 minggu yang berbahan utama Ayam. Misalnya Senin: sop bola ayam jamur, ayam gerpek, rolade ayam, pepes ayam. Selasa: sapo tahu kailan, rolade tahu, tahu lapis daging, tahu balut asam manis. Begitu seterusnya sampai hari Minggu. Lengkapi pula sayur, pelengkap dan buah/kue yang disukai keluarga. Kelihatan kan variasi masakan dari bahan utama yang sama.
  4. Usahakan agar menu utama dan sayur sesuai. Maksudnya, kalau menu utama berkuah, maka sayur jangan berkuah dan sebaliknya. Jika rasa makanan utama manis/pedas/gurih, maka rasa sayurannya jangan sama.
  5. Usahakan mencari sumber pencarian menu dari satu website. Ini sangat membantu untuk menyusun menu harian selama sebulan buat pemula seperti saya. Jangan lupa simpan link atau copy resepnya, siapa tahu pas lagi mau masak tiba-tiba lupa tahapan atau bahan-bahannya tapi sinyal internet mati.
  6. Belanja bahan-bahan makanan per tiga hari saja agar bahan masih segar dan kulkas juga tidak jadi penuh sesak. Lihat bahan-bahan yang diperlukan 3 atau 4 hari ke depan, apa yang ada di kulkas, yang tidak ada di kulkas berarti harus dibeli, dibuat saja daftarnya agar tidak lupa. Ini juga menghindari kalap mata pas ke tukang sayur, melihat ikan dan sayuran yang masih segar-segar langsung saja diborong, padahal gak ada di menu yang sudah ditetapkan.

Ternyata dengan membuat menu bulanan ini, bisa memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga secara terencana. Menu juga secara tidak langsung bisa mengukur pengeluaran dari konsumsi keluarga. Buatlah menu sesuai budget sehingga kita bisa mengatur pengeluaran secara bijak. (sumber: www.theurbanmama.com)

 


Info Sehat Lainnya