Login Form

Lupa Password?
Logo Super Indo

Makan Sehat Saat Lebaran

 

Puasa sebentar lagi sudah usai, saatnya menyambut hari raya Lebaran. Pada momen yang identik dengan kelimpahan makanan ini seringkali membuat kita tidak bisa menahan nafsu makan yang besar, terlebih setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Hidangan yang disajikan pun juga beragam mulai dari kue hingga makanan berat. Salah satumenu masakan yang tidak boleh dilupakan saat Lebaran adalah menu masakan bersantan seperti opor ayam, rendang, gulai kambing yang sudah menjadi masakan wajib.

Jenis makanan tersebut memang nikmat, namun dibalik itu apabila dikonsumsi secara berlebih maka akan berdampak buruk pada kesehatan.

Anda boleh saja menikmati makanan bersantan atau yang manis-manis asal tetap dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Berikut adalah tips untuk menyiasatinya:

  • Sebelum berangkat silaturahmi, makanlah sebuah apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih. Serat dari apel ini bisa membantu menahan nafsu makan yang muncul saat melihat hidangan lebaran yang mengundang selera
  • Ketika ingin menyantap ketupat, sebaiknya konsumsi dalam porsi kecil dan ambil lauk pauk seperti opor, gulai atau rendang dengan porsi cukup.
  • Tetap seimbangkan asupan makan dengan tidak melupakan buah-buahan dan sayur-sayuran agar berat badan tetap stabil.
  • Untuk minuman, konsumsi air putih lebih banyak dari minuman yang mengandung gulaseperti softdrink atau sirup
  • Tetap lakukan olah raga seperti banyak bergerak untuk membakar kalori, tidak hanyaduduk-duduk saja.Dengan menjalankan tips di atas maka Anda akan tetap dapat menikmati lezatnya hidanganlebaran, namun masih dalam pola yang sehat.

 

Oleh: Claudia

Sumber: www.tabloidnova.com

Image: dapurelkaje.wordpress.com

Preview

Makan Sehat Saat Lebaran

 

Puasa sebentar lagi sudah usai, saatnya menyambut hari raya Lebaran. Pada momen yang identik dengan kelimpahan makanan ini seringkali membuat kita tidak bisa menahan nafsu makan yang besar, terlebih setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Hidangan yang disajikan pun juga beragam mulai dari kue hingga makanan berat. Salah satumenu masakan yang tidak boleh dilupakan saat Lebaran adalah menu masakan bersantan seperti opor ayam, rendang, gulai kambing yang sudah menjadi masakan wajib.

Jenis makanan tersebut memang nikmat, namun dibalik itu apabila dikonsumsi secara berlebih maka akan berdampak buruk pada kesehatan.

Anda boleh saja menikmati makanan bersantan atau yang manis-manis asal tetap dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Berikut adalah tips untuk menyiasatinya:

  • Sebelum berangkat silaturahmi, makanlah sebuah apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih. Serat dari apel ini bisa membantu menahan nafsu makan yang muncul saat melihat hidangan lebaran yang mengundang selera
  • Ketika ingin menyantap ketupat, sebaiknya konsumsi dalam porsi kecil dan ambil lauk pauk seperti opor, gulai atau rendang dengan porsi cukup.
  • Tetap seimbangkan asupan makan dengan tidak melupakan buah-buahan dan sayur-sayuran agar berat badan tetap stabil.
  • Untuk minuman, konsumsi air putih lebih banyak dari minuman yang mengandung gulaseperti softdrink atau sirup
  • Tetap lakukan olah raga seperti banyak bergerak untuk membakar kalori, tidak hanyaduduk-duduk saja.Dengan menjalankan tips di atas maka Anda akan tetap dapat menikmati lezatnya hidanganlebaran, namun masih dalam pola yang sehat.

 

Oleh: Claudia

Sumber: www.tabloidnova.com

Image: dapurelkaje.wordpress.com


Info Sehat Lainnya